Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kesehatan Ibu, Masa Depan Bangsa

Oleh salwa 15 Mar 2012

We believe fervently that improving nutrition for pregnant women and children under two is one of the smartest investment we or anyone can make” (1)

 
Jika menurut Anda kesehatan adalah investasi, maka gizi ibu hamil dan anak usia di bawah dua tahun adalah investasi (kesehatan) yang paling pintar.
 
Teori Barker
 
David Barker, seorang dokter dan juga peneliti, telah melakukan berbagai penelitian tentang kondisi ibu dan bayi yang dihubungkan dengan kondisi kesehatan di masa mendatang. Penelitian Barker antara lain menunjukkan bahwa semakin rendah berat saat lahir dan pada masa bayi maka semakin tinggi risiko untuk menderita jantung koroner di kemudian hari (yang kemudian dikenal dengan hipotesis Barker). Penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa berat lahir rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko hipertensi, stroke, dan diabetes melitus tipe 2(2).
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa komposisi tubuh wanita dan asupan makan saat merencanakan kehamilan dan selama kehamilan memiliki efek yang penting pada kesehatan keturunan selanjutnya. Risiko penyakit kronis kemudian akan meningkat jika anak memiliki berat lahir rendah sehingga anak menjadi kurus atau pendek. Lalu, setelah usia dua tahun penambahan berat badan yang cepat dapat menyebabkan kegemukan dan lebih lanjut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, hipertensi, dan diabetes tipe 2 (2).
 
Kesehatan Ibu, Masa Depan Bangsa
 
Herbal darah tinggi | Dari beberapa penelitian oleh Barker yang telah saya kutip di atas, dapat kita lihat bahwa kondisi kesehatan kita di masa depan mulai ditentukan bahkan sebelum kita menjadi janin. Seorang wanita dan calon ibu mempunyai peranan penting akan masa depan kita. Jika kesehatan calon ibu tidak baik, apalagi jika kondisi kesehatan yang tidak baik berlanjut sampai masa kehamilan maka bayi yang dilahirkan pun akan dalam kondisi yang tidak baik. Berat lahir rendah, kegemukan, dan kecacatan adalah contoh dari kondisi bayi yang bisa lahir jika kondisi kesehatan ibu yang tidak baik semasa perencanaan kehamilan dan masa kehamilan.
 
Kondisi kesehatan sebelum dan semasa hamil yang buruk -> bayi yang dilahirkan tidak normal -> saat dewasa memiliki risiko menderita berbagai macam penyakit -> Jika wanita, kondisi kesehatan sebelum dan semasa hamil yang buruk -> bayi yang dilahirkan tidak normal -> ... dan seterusnya, bisa menjadi “lingkaran setan” yang sulit untuk diputus. Oleh karena itu, dengan memperhatikan kondisi kesehatan sebelum dan masa kehamilan, maka diharapkan “lingkaran setan” di atas tidak pernah kita mulai.
 
 
Apa Yang Bisa Kita Lakukan?
 
Di masa kemudahan mencari informasi seperti sekarang ini, setiap orang bisa dengan menemukan informasi apa saja yang mereka inginkan. Permasalahannya adalah: Apakah setiap orang peduli dengan itu?
 
Dengan sumber pengetahuan yang sangat dekat, rasanya tidak adil jika saya tidak berbagi apa yang pernah saya dapatkan apalagi jika ada kaitannya dengan gizi saat merencanakan ataupun masa kehamilan. Bagaimana seharusnya status gizi wanita yang merencanakan kehamilan, makanan apa saja yang baik dikonsumsi saat hamil, bagaimana seharusnya ibu hamil itu makan, dan lain-lain. Namun, selama ini saya tidak menambahkan bahwa hal itu dapat menentukan masa depan seorang anak, bukan hanya sampai pada kondisi lahir bayi yang normal dan sehat. Bahwa, bagaimana kondisi calon ibu bisa memengaruhi kondisi kesehatan anak mereka di masa mendatang. Oke, akan menjadi catatan pribadi untuk saya jika suatu waktu akan menyampaikan hal seputar gizi dan kehamilan lagi, saya tidak hanya akan berhenti di
 

“Supaya bayi Anda normal dan sehat”

 
melainkan
 

“Supaya bayi Anda normal dan sehat serta ikut menyelamatkan masa depan bangsa”

 
Jadi, apa yang bisa kita lakukan? “Mari berbagi informasi” jawab saya.
 
 
 
*sumber inspirasi dan referensi