Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kiat Memasak Sayuran

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 25 Jan 2015

Sahabat nutrisi,

Sayuran mengandung banyak sekali zat-zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, protein dan mineral. Akan tetapi seringkali cara kita mengolah sayuran justru membuat zat-zat penting tersebut hilang.

Berikut beberapa kiat memasak sayuran agar gizinya tetap terjaga:

  • Jangan memasak terlalu lama. Memasak sayuran terlalu lama merupakan kesalahan yang sering dilakukan. Selain dapat menghilangkan nutrisi, terlalu lama memasak sayuran juga membuat sayuran berubah warna dan tekstur, terutama dengan cara direbus atau dikukus. Jika terpaksa harus merebusnya, usahakan untuk meminum air rebusan, seperti shabu-shabu. Lama waktu pemanasan sayur berkisar antara 2 - 5 menit.
  • Jangan gunakan minyak canola dan minyak biji bunga matahari untuk menumis sayuran, karena lemak tak jenuh yang terkandung di dalamnya dapat teroksidasi dalam pemanasan tinggi dan berubah menjadi racun.
  • Menggunakan microwave. Memanaskan sayuran dengan menggunakan microwave dapat menghilangkan kandungan nutrisi karena tingkat kepanasannya, kendati dapat mempersingkat waktu.
  • Api atau suhu terlalu panas. Sebaiknya gunakan api dengan panas sedang untuk mengolah sayuran.
  • Jangan mengupas sayuran sebelum dimasak, karena dengan demikian kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalam sayuran tersebut akan hilang. Kulit sayuran mengandung vitamin, mineral dan beberapa elemen lain yang tidak ditemukan pada bagian daging sayuran. Sebaiknya cuci bersih kulit sayuran di bawah air mengalir sebelum dimasak.
  • Jangan memanggang sayuran, karena tingginya tingkat kepanasan saat memanggang. Terlebih lagi jika sayuran tersebut gosong, karena hal ini menyebabkan sayuran tersebut memproduksi zat penyebab kanker atau karsinogen.
  • Jangan gunakan terlalu banyak minyak atau mentega dalam mengolah sayuran karena hal ini akan meningkatkan jumlah kalori pada sayuran yang sebenarnya merupakan makanan rendah kalori.

Sumber: Kompas

1 Komentar

27 Jan 2015 10:57

terimakasih banyak tipsnya, sayur memang harus dimasak dengan cara yang tepat