Kiat Menghadapi Flu

Oleh Nutrisi Bangsa 11 Jan 2013

Sahabat nutrisi

Hujan yang sering turun akhir-akhir ini membuat kondisi tubuh kita dan anak-anak menjadi menurun. Jika tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik, tidak heran jika mudah terpapar penyakit.

Penyakit yang sering menyerang pada saat musim hujan di antaranya adalah flu.

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Penularannya melalui udara, ketika seseorang yang terkena flu batuk, bersin atau berbicara.

Gejala-gejala yang dirasakan biasanya berupa demam (lebih dari 38 C), kedinginan hingga menggigil, batuk, pilek, sakit kepala, badan terasa lemas. Terkadang juga sakit telinga dan hidung (sinus).

Jika terserang flu, kita bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah dengan cara memperbanyak istirahat atau tidur, minum banyak cairan seperti air, jus buah-buahan, atau sup hangat. Kita juga bisa menggunakan obat penurun panas seperti parasetamol, jika suhu tubuh mencapai 39 C lebih, atau untuk mengurangi rasa sakit kepala.

Sekalipun flu merupakan penyakit yang biasa terjadi, akan tetapi dapat menjadi penyakit yang berbahaya bagi bayi, orang tua, ibu hamil, orang dengan sistim imun yang rendah dan orang dengan penyakit kronis. Sehingga pengawasan dan pemeriksaan dokter tetap dibutuhkan.

Berikut beberapa pencegahan penularan flu yang dapat kita lakukan:

1. Menjaga dan meningkatkan kondisi tubuh kita dengan nutrisi dari makanan sehat dan bergizi.

2. Cuci tangan selalu merupakan upaya terbaik untuk mencegah berbagai penyebaran infeksi virus.

3. Jika terkena flu, tutuplah mulut dan hidung dengan masker.

4. Jika bersin, tutuplah mulut anda dengan saputangan atau tisu, atau gunakan lekukan siku, jangan telapak tangan. Dan segeralah mencuci tangan!

Yuk, kita lakukan pencegahan penularan flu dengan meningkatkan stamina tubuh selama musim hujan dan menjaga kebersihan diri. Jika kita yang terkena flu, usahakan agar tidak terlalu sering berada di sekitar orang banyak, untuk meminimalisir penularan.

Sumber: Mayo Clinic