Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kiat Menjaga Kebutuhan Gizi Ibu Hamil dan Menyusui

Oleh Nutrisi Bangsa 02 Sep 2013

Bagi ibu hamil dan menyusui, gizi seimbang merupakan hal yang sangat penting. Kebutuhan akan zat gizi mengalami peningkatan agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Serta dapat menunjang perubahan-perubahan yang terjadi pada ibu hamil.

Kekurangan gizi pada ibu hamil dapat menimbulkan kelainan pada bayi yang dilahirkan. Sementara pada ibu menyusui dapat menyebabkan buruknya kualitas dan kuantitas ASI, bahkan dapat saja sang ibu tidak dapat mengeluarkan ASI.

Ibu yang hamil dan menyusui memang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan wanita pada umumnya. Bahkan ibu menyusui disarankan menambah diet 50-55% kalori dari karbohidrat, 12-15% dari protein, dan kurang lebih 30% dari lemak.

Berikut beberapa tips untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang bagi ibu hamil dan menyusui:

1. Perhatikan kualitas gizi/nutrisi dalam setiap asupan makanan, bukan kuantitas makanan itu sendiri.

2. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, yang mencakup korbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral yang disajikan secara bervariasi

3. Sebaiknya makan dengan porsi kecil tetapi sering.

4. Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol, kafein, makanan mentah, serta makanan yang diawetkan.

5. Konsultasikan kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui dengan dokter kandungan atau ahli gizi.

6. Jika dirasa perlu, dapat menambahkan susu khusus untuk ibu hamil atau ibu menyusui. Jika merasa mual dengan rasa susu, saat ini susu dengan rasa buah segar sudah terdapat di pasaran.