Kiat Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Oleh Nutrisi Bangsa 17 Jan 2013

Sahabat nutrisi,

Di musim hujan seperti sekarang ini berbagai mikroorganisme penyebab penyakit berkembang biak dengan cepat. Lingkungan yang buruk akan mempercepat penyebaran dan penularan penyakit, dan tubuh kita menjadi rentan terhadap beberapa jenis penyakit.

Sebenarnya tubuh kita sudah memiliki sistim imun untuk melawan penyakit, namun dengan lonjakan jumlah mikroorganisme sering kali sistim imun tidak berhasil melawannya.

Oleh karena itu, kita memerlukan beberapa upaya untuk meningkatkan sistim imun, agar kesehatan dapat terjaga.

Yuk kita ikuti beberapa kiatnya:

1. Cukup tidur. Dengan tidur yang cukup maka sistim imun menjadi lebih kuat. Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan membiarkan sistem imun bekerja dengan lebih efektif.

2. Makan teratur. Makanan adalah salah satu faktor penting untuk menguatkan sistim imun. Makan tiga kali sehari, perhatikan gizi makanan, pastikan asupan vitamin. Jika perlu kita dapat mengonsumsi suplemen vitamin tertentu.

3. Rajin cuci tangan. Virus dan bakteri penyebab penyakit ada di mana-mana, sehingga mencuci tangan menjadi sangat penting dilakukan setiap saat untuk menghindari perpindahan penyakit. Cucilah tangan secara benar dengan menggosok seluruh permukaan tangan, jari dan kuku dengan menggunakan sabun selama 20 detik.

4. Mandi air dingin. Ternyata, mandi air dingin dapat membangunkan syaraf-syaraf sehingga kita dapat lebih segar, aliran darah semakin lancar. Hal inilah yang dapat membuat sistim imun semakin kuat.

5. Olahraga. Olahraga terbukti memperkuat sistim imun. Tidak perlu terlalu lama asalkan dilakukan secara teratur. Misalnya kita dapat melakukan jalan cepat, bersepeda atau jogging selama 30 menit, 5 kali dalam seminggu.

6. Konsumsi herbal alami dengan efek menghangatkan, seperti jahe, gingseng atau bawang putih, dapat meningkatkan kinerja sistim imun.

Sumber: Kompas