Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kiat Sehat Mengolah Bahan Pangan

Oleh Nutrisi Bangsa 18 Aug 2013

Sahabat nutrisi

Guna memenuhi kebutuhan gizi, mengenal kandungan nutrisi dalam setiap bahan pangan saja ternyata tidak cukup. Kita juga harus mengenal keamanan bahan pangan yang akan kita konsumsi.

Untuk menjaga keamanan pangan, tentulah ada prosedur yang harus diikuti sebelum mengolahnya. Karena mencuci bahan makanan sebelum diolah ternyata belum cukup menjamin keamanan pangan.

Mari kita simak tips yang perlu diperhatikan dalam mengolah dan menyajikan bahan pangan yang aman bagi keluarga:

1. Kenali sumbernya. Dengan mengetahui secara pasti sumber bahan pangan dan air (untuk membersihkan bahan pangan dan memasak) maka kita dapat terhindar dari sumber penyakit.

2. Bersihkan tangan, alat masak serta bahan pangan. Selain itu. proses pengolahannya juga harus diawasi, pastikan dapur dan seluruh alat masak dalam kondisi yang bersih.

3. Pisahkan bahan pangan. Sebaiknya bahan pangan hewani tidak tercampur dengan bahan pangan non hewani, hal ini untuk mencegah terjadinya kontaminasi. Gunakan talenan, pisau dan alat lain yang berbeda.

4. Proses memasak, sebaiknya didasarkan pada waktu dan suhu. Karena proses pemasakan yang baik akan mencegah masuknya bakteri penyebab penyakit ke dalam tubuh. Jangan mengandalkan mata dan perasaan untuk menentukan matang atau tidaknya, sebaiknya gunakan termometer untuk memastikan apakah makanan sudah dimasak pada suhu tertentu. Hindari mengonsumsi makanan yang tidak dimasak tuntas.

5. Pendinginan, proses ini akan memperlambat pertumbuhan bakteri pada bahan pangan.

6. Tidak menggunakan bahan pengawet

Nah, selamat mengolah bahan pangan menjadi makanan yang lezat dan sehat

Sumber: Kompas