Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kiat Sehat Menyimpan Bahan Makanan

Oleh Nutrisi Bangsa 28 Aug 2013

Sahabat nutrisi

Makanan sehat bukan hanya ditentukan oleh pemilihan bahan dan pengolahannya saja. Akan tetapi cara penyimpanan bahan makanan juga berperan dalam penyajian makanan sehat dan bergizi.

Berikut beberapa tips penyimpanan bahan makanan, agar tetap bermanfaat dan tentunya akan menghemat uang belanja karena bahan makanan tersebut tidak terbuang percuma:

1. Telur, simpanlah di rak khusus telur di lemari es, dengan demikian telur dapat bertahan hingga 3 - 4 minggu. Jika disimpan pada suhu ruang, telur dapat bertahan selama 4 - 7 hari.

2. Daging (beku), simpanlah di rak khusus daging yang terdapat di lemari es. Daging dapat bertahan selama 3 - 5 hari.

3. Tomat, tempatkan tomat di rak khusus menyimpan buah. Letakkan tomat yang masih muda di bagian dalam, dan yang sudah matang serta siap digunakan di bagian luar. Sebaiknya tomat tidak disimpan bersama sayur-sayuran, karena sayuran hijau mengeluarkan gas ethylene yang dapat membuat tomat cepat busuk.

3. Bawang putih dan Bawang merah, simpan di tempat kering dan hangat, atau suhu ruang. Sebaiknya tidak menyimpan bawang di dekat sayuran, maupun di lemari es, karena selain aromanya dapat merusak makanan yang kita simpan, suhu dingin dapat membuat bawang lebih cepat busuk.

4. Sayuran hijau, setelah dicuci dan dikeringkan, bungkuslah dengan serbet atau handuk yang menyerap, lalu simpan dalam plastik. Hal akan membuat sayuran tidak lembab dan berumur lebih panjang.

5. Kentang, simpan di tempat kering dan gelap, karena menyimpan kentang di tempat terang dapat memicu tumbuhnya racun pada kentang

6. Jamur, bungkus dengan kertas dan simpan dalam lemari es. Sebaiknya tidak mencuci jamur sebelum disimpan, karena akan jamur menjadi lembab dan memicu tumbuhnya bakteri

7. Makanan matang sebaiknya diletakkan dalam tempat tertutup sebelum disimpan dalam lemari pendingin. Perhatikan batas penggunaannya.

Nah, dengan teknik penyimpanan yang tepat, maka bahan makanan tetap layak konsumsi sehingga kesehatan tetap terjaga dan tidak ada makanan yang terbuang.

Sumber: Kompas