Kita Puasa Yuk, Nak!

Oleh Nutrisi Bangsa 18 Jul 2012

Sahabat nutrisi,

Kendati berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi muslim yang sudah aqil baliq, namun kita bisa mulai melatih anak-anak sejak dini untuk ikut berpuasa, lho.

Biasanya, ketika anak mulai berusia 3 tahun sudah bisa diperkenalkan pada aktifitas di bulan suci ini. Misalnya saja dengan menceritakan tentang apa itu puasa, tujuannya serta manfaatnya.

Gambarkan betapa menyenangkannya suasana di bulan Ramadhan, jika perlu dengan menunjukkan buku-buku cerita anak-anak tentang ibadah puasa, yang banyak beredar di pasaran.

Berikut beberapa tips memperkenalkan ibadah puasa pada anak-anak:

1. Setelah malamnya mereka diceritakan tentang ibadah puasa, bangunkan mereka pada saat sahur agar mereka mulai mengenal rutinitas selama puasa. Mungkin anak-anak akan protes karena masih mengantuk, akan tetapi mungkin saja si anak justru bersemangat mengikuti sahur.

2. Ciptakan suasana yang menyenangkan saat sahur, untuk membangkitkan mood mereka.

3. Hidangkan makanan kesukaan mereka, tentunya dengan mempertimbangkan kandungan gizi, karbohidrat, lemak, dan protein yang cukup. Jangan lupa perbanyak serat untuk membantu pencernaan.

4. Sebaiknya tidak memberikan vitamin penambah nafsu makan saat sahur, agar tidak cepat merasa lapar

5. Biarkan anak berpuasa sekuatnya. Namanya juga sedang berlatih :). Jika memungkinkan, setelah dia membatalkan puasanya, bujuk dia untuk melanjutkan puasa, sekuatnya lagi, begitu terus sampai akhirnya tiba saat berbuka. Sekali lagi, jika tidak mau, jangan dipaksa.

6. Berikan minuman yang manis, terutama manis yang alami, seperti jus buah.

7. Berikan penghargaan dan motivasi atas upaya mereka. Penghargaan bisa berupa menu kesukaan mereka lho, atau mengajak mereka mempersiapkan hidangan berbuka.

8. Ajak mereka ikut pada kegiatan menanti waktu berbuka, mulai dari mendengarkan ceramah sebelum berbuka, sampai akhirnya terdengar azan Maghrib yang menandakan waktu berbuka.

9. Pada saat berbuka, biasakan dengan membatalkan puasa dengan minuman yang hangat dan manis, lalu dilanjutkan dengan mengonsumsi penganan kecil yang manis dan ringan, kurma adalah pilihan yang baik, lho.

10. Aturlah jumlah makanan yang dikonsumsi pada saat berbuka, agar perut si kecil tidak kekenyangan dan menyebabkan sakit. Biasakan makan secara bertahap setelah shalat Maghrib, lalu dilanjutkan setelah shalat Isya.

11. Ajak anak shalat Tarawih ke masjid, dengan demikian dia akan mulai mengenal kebiasaan-kebiasaan selama puasa di bulan Ramadhan

Ulangi lagi tips ini untuk hari berikutnya, dan tahun berikutnya, sehingga ketika tiba masanya puasa menjadi wajib, mereka tidak merasa asing melakukannya.

Selamat melatih berpuasa!

Sumber foto: Republika