Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Langkah Bijak Ibu untuk Si Pemimpin Kecil#LombaBlogNUB

Oleh nasrul16 30 Sep 2013

Menjadi Ibu adalah suatu kebahagiaan yang tak terkira. Ibu mana pun di dunia ini akan merasa senang bila dikaruniai sang buah hati yang lucu dan manis. Sang Ibu akan selalu merawat dan menyayangi sang buah hati hingga besar. Karena itulah, peran Ibu sangatlah penting. Ibu yang mengandung selama sembilan bulan, serta perjuangannya melahirkan agar sang buah hati dapat melihat indahnya dunia ini. Dan itulah seorang Ibu.
Mempersiapkan Si Kecil untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang adalah tantangan yang cukup besar. Dan di sini, peran Ibu sangatlah penting. Ibu akan selalu mendukung apa yang dicita-citakan buah hatinya. Dengan sabar sang Ibu akan membimbing dan menunjukkan jalannya sendiri untuk kelak menjadi pemimpin-pemimpin yang dapat diandalkan.
Ada beberapa hal yang perlu Ibu tekankan dan perhatikan dalam perannya untuk mempersiapkan sang buah hati menjadi pemimpin-pemimpin yang handal nantinya.
Yang pertama, tanamkan rasa percaya diri pada sang buah hati. Dari sinilah kunci dari keberhasilan seorang pemimpin. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti memberinya motivasi saat dia ingin melakukan suatu hal. Beri ia dorongan, kepercayaan diri yang penuh dan secara perlahan, dengan seperti ini kepercayaan diri dari diri sang buah hati Anda akan terbentuk dengan sendirinya.
Kedua, tanamkan jiwa jangan pernah menyerah. Seorang pemimpin yang handal adalah pemimpin yang tegar terhadap terpaan angin cobaan dan selalu berusaha tanpa mengenal lelah. Dengan mengajarkan rasa pantang menyerah pada sang buah hati, maka ia akan menjadi pribadi yang selalu semangat dan tak mudah terpuruk dan putus asa di saat ia nantinya menghadapi suatu masalah kecil maupun besar. Beri ia semangat mulai dari hal yang kecil seperti saat kalah dari suatu perlombaan. Di snilah peran Ibu yang harus bisa menguatkan mental sang buah hati.
Ketiga, buat sang buah hati agar tidak mudah malu terhadap orang lain. Tanamkan padanya rasa berani yang kuat agar di masyarakat ia tak canggung untuk bergaul dengan sesama temannya maupun orang lain.
Keempat, buat sang buah hati agar pandai untuk berbicara di depan umum. Baik bertanya pada suatu forum kecil maupun dari hal yag kecil seperti halnya saat di sekolahnya. Hal ini akan menjadi bekal ia untuk bisa berbicara dengan baik di depan umum.
Kelima, tanamkan jiwa kejujuran di setiap langkah hidupnya. Karena seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang jujur. Jujur terhadap dirinya sendiri, dan jujur terhadap orang lain.
Keenam, tanamkan nilai keadilan. Inilah yang sangat penting. Seorang pemimpin yang adil adalah pemimpin yang sangat disegani bawahannya.
Ketujuh, tanamkan nilai sosial pada sang buah hati. Dengan memberi contoh kita harus memberi sedekah pada pengemis adalah suatu contoh kecil untuk mengajarkan sang buah hati kita untuk mempunyai rasa sosial yang tinggi. Agar kelak jika ia menjadi seorang pemimpin dapat rendah hati dan mempunyai rasa kepedulian yang tinggi.
Yang terakhir, tanamkan pada dirinya nilai-nilai kepemimpinan. Latihan dasar kepemimpinan misalanya, dapat membantu ia belajar untuk menjadi seorang pemimpin yang berkarakter.
Peran Ibu, sangatlah penting. Karena Ibulah yang paling dekat dengan sang buah hati. Seorang ibu akan selalu memberikan yang terbaik, memberikan dukungan sepenuhnya pada sang buah hati untuk menjadi seseorang yang lebih baik nantinya.