Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Lomba penulisan blog Peran ibu untuk si pemimpin kecil

Oleh Andy Saktia Warseno 20 Oct 2013

Kalau kita bicara tentang peran ,apa sih peran itu?, dalam sebuah drama seorang actor harus mendalami peran yang ditanggungnya, misal actor berperan sebagai pengemis maka sang actor harus mendalami karakter-karakter si pengemis. Jadi peran merupakan pengambilan sebuah karakter atau tokoh untuk melakukan suatu tindakan ataupun sikap sesuai dengan karakter yang diambil. Peran ibu sendiri memiliki katarakter-karakter seperti mendidik, merawat dan menjaga seorang anak, peran ibu sangatlah penting di dalam keluarga(lingkungan awal si pemimpin kecil).

Pemimpin sendiri merupakan kemampuan untuk mempengauhi orang sekitarnya agar dapat berpihak atau mendukungnya. Karakternya sendiri seperti ; menguasai keadaan, pembuat keputusan, melihat hasil akhir, peka dan peduli kepada anggotanya, sistematis dalam memberikan perintah dan lain lain.

Pemimpin, sebenarnya apa sih yang dipimpin seorang pemimpin sendiri: pertama, memimpin diri sendiri →merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, pengendalian diri (self controlling) adalah salah satu sifat kepemimpinan. Meliputi bagaimana memotivasi diri sendiri,mengontrol emosi sendiri(tetap tenang). Kedua, memimpin orang lain→merupakan kemampuan untuk memberi arahan secara sistematik dan dapat di mengerti oleh orang lain dan tentunya dapat di patuhi dan ditaati orang lain. Seorang pemimpi dikatakan berhasil jika ia dapat memimpin keduanya.

Ciri seorang berhasil memimpin diri sendiri:

  1. Emosinya stabil, dapat dilihat dari dia melihat suatu masalah jika ia memiliki emosi yang stabil maka ia akan cenderung tidak gelisah atau kebingungan, dia akan tetap tenang dan mengatasi masalah dengan tenang dan tidak cepat-cepat mengambil keputusan.
  2. Memancarkan aura pemimpin seperti wibawa dan kebijaksanaan. Dapat dilihat seberapa banyak orang sekitarnya mendukungnya atau menganutnya. Dia biasanya akan dijadikan figure idola ataupun contoh teladan.

Ciri seorang berhasil memimpin orang lain:

  1. Mendapat perhatian penuh dari sekitarnya.
  2. Dapat mempengaruhi orang lain agar mendukung atau berpihak padanya.
  3. Orang lain yang dipimpinnya merasa nyaman atau senang ketika dipimpin olehnya.

Keluarga terutama ibu memiliki peran penting dalam mendidik si pemimpin kecil (anak) supaya si kecil dapat memimpin diri sendiri dan orang lain nantinya, dapat diartikan juga peran ibu merupakan lingkungan awal si pemimpin kecil dalam meniru dan mempelajari apa yang dilihatnya dari si ibu. Maka dari itu melalui peran ibu si pemimpin kecil harus dididik dan diajari dengan baik, supaya nantinya anak akan merespon baik untuk ditiru atau disebarkan ke lingkungan teman-teman sebayanya.

Hati-hati dalam mendidik karena si pemimpin kecil adalah si peniru sejati. Apa yang kita lakukan selalu di amati dan dilihat oleh si pemimpin kecil, supaya pemimpin kecil nantinya dapat menyebarkan pengaruh yang baik bagi lingkungan sebayanya sebaiknya kita tunjukan selalu ajaran dan kebiasaan baik. Karena tanpa di sadari si anak juga dapat dengan mudah meniru kebiasaan buruk kita. Maka dari itu si ibu harus berhati-hati sekali.

Dalam mendidik,si ibu dapat mendidik anaknya secara:

  1. Langsung, meliputi ajaran-ajaran ataupun nasehat-nasehat kepada si anak.
  2. Tidak Langsung, meliputi kebiasaan-kebiasaan ibu yang baik ataupun tidak baik, disinilah ibu harus berhati-hati dalam bersikap dan berperilaku di hadapan si pemimpin kecil.

Respon si pemimpin kecil terhadap didikan:

  1. Respon positif, di tunjukan dengan si anak akan meniru ajaran dan kebiasaan baik dari si orang tua(terutama si ibu).
  2. Respon negative, ditunjukan dengan si anak akan meniru ajaran dan kebiasaan buruk dari si orang tua (terutama si ibu).

Respon si anak akan berpengaruh terhadap lingkungan terutama dalam menyelesaikan masalah ataupun dalam menghadapi suatu hal. Respon inipun juga berpengaruh terhadap sifat dan karakter pemimpin si anak. Dimana si pemimpin kecil dapat memberi pengaruh yang baik ataupun buruk terhadap teman sebayanya melalui respon tadi. Jadi peran ibu untuk si pemimpin kecil sangatlah besar terutama dalam membentuk sikap dan karakter si pemimpin kecil.Gambar