Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Love Your Pregnancy

Oleh Eka Situmorang-Sir 19 Jul 2012

Pregnancy is a process that invites you to surrender to the unseen force behind all life. -Judy Ford-

Perjalanan untuk menjadi seorang ibu itu menakjubkan. Gak cuma mual-mual, mengandung 9 bulan kemudian melahirkan, menurut saya gak sesederhana itu; ada proses luar biasa indah yang beriringan dengan kehamilan itu. Dan saya menganggap bahwa perempuan hamil itu seksi ^_^ hihi. Nah, sebagai mom’s wanna be waktu kemarin saya diundang oleh Nutrisibangsa untuk datang ke acara @lactamilMama buat ngobrolin seputar kehamilan di bulan Ramadhan, maka gak pake pikir panjang langsung deh saya ngacir ke Hongkong Cafe. Wait, wait don’t congratulate me first ^_^ saya dan suami sengaja datang biar tau seluk-beluk #lovepregancy. Persiapan itu penting kan?

Hadir sebagai pembicara utama dr. Febriansyah Darus, SpOG, dokter ganteng yang pastinya bikin para ibu-ibu betah deh lama-lama :D dan talkshow-pun dipandu oleh MC cakepz Nadya Mulya yang bikin saya terbuai senang karena sarat pengetahuan selama dua jam.

Apakah ibu hamil boleh berpuasa?

Itu adalah pertanyaan yang sering banget muncul. Menurut dr. Febri, ibu hamil dan menyusui boleh banget berpuasa asalkan si ibu tidak ada terindikasi suatu penyakit dan merasa kuat. Kenapa begitu? Karena tubuh perempuan yang indah itu punya manajemen kompensasi mencukupi kebutuhannya memproduksi ASI dan menjaga janinnya. Puasa saat hamil tidak berpengaruh pada IQ bayi dan gak ada perbedaan dari bayi di mana ibunya berpuasa atau tidak. ‪Kalau sampai berat badan bayi yang lahir karena ibunya berpuasa itu rendah, itu bukan karena puasanya tapi karena pola makan ibu yang sudah buruk.

Kapan bumil harus membatalkan puasa?

Bumil yang berpuasa harus tetap berhati-hati dan silakan membatalkan puasa ketika ada pendarahan, atau kontraksi, jangan-jangan udah mau brojol lagi hehe. Lalu saat ada gejala penurunan gerak bayi, penglihatan memburuk, bumil merasa lelah dan tegang otot plus lemas berlebih, sebaiknya membatalkan puasa.

And let the talkshow begins ;)

Kalau tadi kapan harus batalkan puasa, nah sekarang bumil mana yang malah DILARANG puasa?

Bumil yang DILARANG puasa adalah bumil yang merupakan penderita diabetes, hipertensi, ada penyakit ginjal, dan dehidrasi. Selain itu bumil yang pendarahan dan berpotensi melahirkan prematur juga dilarang berpuasa .

DOs buat ibu hamil & menyusui yang berpuasa:

  1. Perhatikan asupan nutrisi. Tetap makan 3x sehari dengan jam makan menyesuaikan waktu puasa: saat sahur, buka puasa dan malam hari. Ketika sahur makanlah daging, ikan dan telur yang tinggi protein karena bisa disimpan lama dalam tubuh. Agar kebutuhan serat terpenuhi, jangan lupa tambahkan buah dan sayur serta jika diperlukan Vitamin C dan Zync untuk daya tahan.
  2. Penuhi kebutuhan air putih 2,5lt / hari dan ketika minum kopi atau teh maka kompensasikan dengan minum tambahan air putih.
  3. Istirahat yang cukup, boleh lho bobo siang.
  4. Waktu buka puasa: makan sedikit dan bertahan lalu baru nih minuman yg manis n hangat Pas buka juga boleh makan karbohidrat sederhana kayak kolak and kurma
  5. Ahya buat ibu menyusui penting banget untuk punya stok ASI perah.
  6. Olahraga karena dengan berolahraga dapat memompa darah ke sluruh tubuh, melatih pernafasan, mengatasi mual n bubu pun lebih nyenyak. Kapan waktu olahraga yang tepat? Menjelang buka bow, sambil nungguin bedug dug dug gituh ;).

 

Ini nih contoh senam buat bumil yang asyik dan bisa dipraktekin di rumah.

DON’Ts buat ibu hamil & menyusui yang berpuasa:

  1. Jangan makan manis-manis ketika sahur, bisa kena insulin shock boow. Tubuh bakal cepat lapar dan jadi merasa lemas
  2. Ketika berbuka, hindari minum air dingin, karena memperlambat otot2 perut dan bikin mual serta kembung
  3. Hindari aktivitas yang terlalu melelahkan.

Aiiih saya excited banget bisa dateng ke acara ini, jujur nambah pengetahuan, kenyang makanan enak-enak and jelas bisa haha hihi sama temen-temen blogger lain ^_^

Ini adalah varian baru dari susu Lactamil. Kayak gini nih susu cokelatnya. Terlihat menggiurkan dan rasanya emang enak. Hihi. Wooogh kalo minum cokelat begini Morning sickness bisa berkurang gak ya? Hihi

 

Bareng temen-temen blogger ^_^

Thank you @LactamilMama udah bikin acara seru sarat pengetahuan ^_^ sering-sering donks. Ooops. Ohya ada Photo Contest berhadiah iPad, iPhone and many more dari @LactamilMama lho. Go follow their twitter and also check out LactamilMama‘s web for further details.

Puasa Waktu Hamil atau Menyusui? Aman koq!

1 Komentar

Nutrisi Bangsa

27 Jul 2012 13:44

Terima kasih artikelnya Bun :)