Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Makanan Bayi Sehat

Oleh Sabai 02 Feb 2011

Menginjak usia 6 bulan bayi mampu berkomunikasi meski dalam bentuk sangat sederhana. Seiring dengan peningkatan proses tumbuh kembang yang sedang dijalani, maka mulai usia 6 bulan perlu diperkenalkan beberapa jenis makanan padat yang disebut Makanan Pendamping ASI (MP-ASI).

Pada usia ini bayi juga umumnya sudah bisa duduk tegak dan secara fisik siap menerima makanan padat pertamanya. Tentu di masa awal pemberian MP-ASI sebaiknya berupa makanan yang lembut seperti bubur beras merah dengan susu (ASI perah). Memasuki bulan ke tujuh, ke delapan dan seterusnya, tekstur makanan dibuat semakin kasar secara bertahap.

Saat bayi berumur 6 bulan keatas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI. Beberapa enzim pemecah protein seperti asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bulan.

Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan. Saat bayi berumur kurang dari 6 bulan, sel2 di sekitar usus belum siap untuk kandungan dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.

Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan juga memberikan perlindungan maksimal bagi bayi dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan sistem imun bayi sebelum usia 6 bulan belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dengan membuka pintu gerbang masuknya berbagai jenis kuman. Belum lagi jika makanan tersebut tidak disajikan higienis.

Lalu, makanan apa saja yang dapat diberikan sebagai pendamping ASI bagi bayi berusia 6 bulan hingga 12 bulan? (tekstur makanan mulai dari halus hingga semakin kasar disesuaikan dengan usai bayi)

Misalnya seperti ini, namun jadwal pemberian makanan ini fleksibel (dapat bergeser sesuai kondisi bayi dan keluarga)

Pukul 06.00 : ASI
Pukul 08.00 : Bubur saring/Nasi tim (sesuai usia bayi)
Pukul 10.00 : ASI/Makanan selingan sehat, puree buah
Pukul 12.00 : Bubur saring/Nasi tim
Pukul 14.00 : ASI
Pukul 16.00 : Makanan selingan sehat, buah dikukus lalu dihaluskan
Pukul 18.00 : Bubur saring /nasi tim
Pukul 20.00 : ASI hingga sesuka bayi

1 Komentar

Nutrisi Untuk Bangsa

02 Feb 2011 10:24

Terima kasih atas artikelnya. Sesuai anjuran WHO, memang sebaiknya bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat pendamping ASI sejak usia 6 bulan.