Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Makanan Begizi dari Kota Wali....

Oleh Rida Anita Yunikawati 22 May 2013

Pelangsing Perut | Dimanakah kota wali berada?pasti teman-teman banyak yang tahu. Gresik terkenal dengan sebutan kota Wali, karena Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim dimakamkan di Gresik. Gresik menjadi tujuan wisata religi dari wisatawan di tanah Jawa hingga luar Jawa.  Gresik berhubunggan dengan Laut Jawa dan Selat Sunda, oleh karena itu gresik banyak terdapat wisata laut dan banyak terdapat makanan aneh, unik dan enak di daerah tersebut. Berikut ini ada beberapa  makanan khas Gresik, yaitu :

  • Sate Kijing
Mendengar namanya memang agak seram, yaitu sate kijing dimana kijing merupakan sebutan untuk nisan di kuburan. Tapi sebenarnya  Kijing merupakan berupa kerang, orang Gresik mengenal dengan nama kerang Simping  yang bentuknya lonjong. Seperti sate kerang lainnya, pembuatan sate kijing ini hanya merebus kerang kemudian ditusuk dan dibumbui kecap dan disajikan dengan sambal keropok Bandeng. Sate kijing ini biasanya diberikan sebagai makanan pembuka atau camilan usai makan. Di dalam 100 gram kerang mengandung 33 persen vitamin B12  yang dibutuhkan oleh tubuh kita sehari-hari yang menghindarkan kita dari kanker kolon. Kerang juga kaya akan asam lemak omega 3, kalium serta magnesium, zat-zat ini mempunyai manfaat yang baik membantu kinerja  sistem kardiovaskular, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kalsium dalam kerang dapat membantu mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang). Fosfor untuk pembentukan tulang dan gigi pada anak, serta membantu tubuh memaksimalkan fungsi vitamin.
  • Sego Roomo 
Pasti penasaran kan dengan Sego Roomo? Sego Roomo merupaakan makanan khas Gresik  yang hanya bisa ditemukan  daerah tertentu. Sego Roomo merupakan nasi yang ditaruh di wadah dari daun pisang yang diberi sayuran rebus yang kemudian diberi toping bumbu yang telah dicampur santan dan larutan tepung beras dan kemudian ditaburi piyah atau koya diatasnya. Sego roomo ini kemudian dilengkapi sambal dan remasan krupuk rambak. Menurut sejarahnya, nasi ini ada karena pada zaman dahulu ada seorang wanita setengah baya yang kebingungan dalam menghidupi keluarganya sampai suatu ketika dia bertemu waliyullah ( Seorang Wali atau Sunan ) yang menyarankan dia untuk “menjual desanya,”. Wanita ini kebingungan ,apa maksud dari menjual desa itu dan akhirnya wanita ini faham dengan perkataan waliyullah tersebut kemudian dia menjual nasi aneh yang sekarang terkenal dengan nasi Roomo.
Tepung Beras mengandung energi sebesar 364 kilokalori, protein 7 gram, karbohidrat 80 gram, lemak 0,5 gram, kalsium 5 miligram, fosfor 140 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Tepung Beras juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,12 miligram dan vitamin C 0 miligram. Di bawah ini cara pembuatan sego roomo :
 

 Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

500 gram nasi putih 

Sayuran Rebus:
150 gram wortel, diiris korek api, direbus
1 ikat bayam, direbus
100 gram taoge, diseduh

Roomo:
1.000 ml santan dari 1 butir kelapa 
100 gram tepung beras 
1 sendok teh garam 
1 sendok makan gula pasir 
2 sendok makan minyak untuk menumis 
1 bungkus kerupuk rambak untuk penyajian 

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah 
3 siung bawang putih 
4 buah cabai merah besar 
3 buah cabai merah keriting 
1 sendok teh terasi 

Cara membuat:

  1. Roomo, larutkan tepung beras di dalam 100 ml santan (dari 1.000 ml). Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Tuang sisa santan sambil diaduk perlahan sampai mendidih.
  3. Tambahkan larutan tepung  beras. Aduk sampai meletup-letup.
  4. Tata nasi, letakkan wortel, bayam, dan taoge. Tuang bubur tepung beras di atasnya. Sajikan bersama rema