Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Makanan Khas dan Sehat di Pesisir Kota Beriman..

Oleh Rida Anita Yunikawati 22 May 2013

Pasti banyak yang tidak tahu dimana Kota Beriman berada? Kota Beriman itu merupakan sebutan untuk Kota Kebumen di Jawa Tengah, Kebumen merupakan kota kelahiranku sedangkan Beriman merupakan singkatan dari Bersih,Indah,Manfaat,Aman,dan Nyaman. Mungkin banyak orang yang tidak tahu dimana Kebumen berada,Kebumen merupakan sebuah kota kecil yang berbatasan dengan Banjarnegara,Cilacap,Wonosobo,Purwokerto. Perbatasan bagian selatan Kebumen adalah Samudra Hindia oleh karena itu banyak banyak pantai di kotaku ini, pantai - pantai yang terdapat di Kebumen yaitu : Pantai Petanahan,Pantai Ayah,Pantai Menganti,Pantai Karang Bolong,Pantai Bocor dan masih banyak pantai lainnya. Pantai di Kebumen itu sangat indah,ada yang berpasir putih,ada yang hitam dan mempunyai karakteristik ombak tinggi. Karena banyak pantai yang ramai dikunjungi,masyarakat pesisir di sekitar pantai banyak menjual kuliner khas yang bisa kita temukan di warung dekat pantai. Makanan khas yang pasti ada di pantai yaitu :

1. Rempeyek Yutuk 


Yutuk atau undur-undur laut ini merupakan hewan laut yang bercangkang, seperti kepiting dan udang tapi lebih mirip kepiting, setelah digoreng warnanya berubah menjadi merah. Yutuk mengandung banyak protein,tapi kalau dimakan terlalu banyak bisa mengakibatkan pusing bagi orang yang jarang memakannya. Rempeyek yutuk ini renyah,gurih dan tidak amis. Cara pembuatannya pun mudah, yaitu :
Bahan:
350 gr yutuk
150 gr tepung beras
2 sdm kanji
2 sdm air kapur sirih
400 ml santan
minyak goreng
Bumbu halus:
6 siung bawang putih
1 1/2 sdm ketumbar sangrai
5 butir kemiri
2 cm kencur
2 sdt garam
Cara membuat:
1. cuci yutuk sampai bersih
2. larutkan tepung beras, kanji dan air kapur sirih bersama santan sedikit demi sedikit, lalu masukkan bumbu halus dan aduk sampai rata
3. masukkan yutuk ke dalam adonan dan aduk sampai rata
4. gunakkan sendok untuk mengambil adonan lalu goreng

2. Pecel Sayuran

Pecel ini merupakan makanan yang paling digemari waktu berkunjung ke pantai di kebumen. Pecel sayuran berisi tauge, kangkung rebus, kacang panjang, daun singkong, pepaya muda, kecipir,kubis dan bunga kecombrang yang diberi bumbu sambel pecel dari kacang tanah yang disangrai. Selain mengenyangkan perut pecel juga menyehatkan badan,karena pecel mempunyai banyak kandungan gizi dan pecel berisi sayur-sayuran hijau yang mengandung vitamin,zat besi,magnesium,fosfor yang sangat diperlukan tubuh untuk proses metabolisme,pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Pecel ini biasanya dimakan bareng tempe mendoan dan rempeyek yutuk. Kalau berkunjung ke pantai di Kebumen jangan sampai melewatkan pecel khas ini, karena pembuatannya pun sangat mudah seperti di bawah ini :
Bahan Masakan Pecel Sayur :
125 gram daun singkong
200 gram kangkung
150 gram kacang panjang,potong-potong kecil
225 gram tauge
150 gram kol/kubis
100 gram pepaya muda
150 gram kecipir
150 gram bunga kecombrang

Bumbu Masakan Pecel Sayur :
250 gram kacang tanah,goreng
11 buah cabe rawit hijau
3 siung bawang putih
3 lembar daun jeruk,buang tulangnya
2 sdm air asam jawa
5 sdm irisan gula merah atau sesuai selera
Kencur secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat Masakan Pecel Sayur :
Cuci dan Rebus masing-masing bahan pecel secara terpisah
Goreng cabe rawit,bawang putih,daun jeruk dan kencur
Haluskan bumbu yang sudah digoreng bersama gula merah dan kacang goreng sampai halus
Tambahkan air asam jawa,aduk rata,taruh di dalam sebuah toples kecil
Ambil sedikit bumbu pecel,campur dengan air secukupnya
Susun sayuran yang sudah direbus di dalam sebuah piring
Tambahkan diatasnya bumbu pecel yang sudah diencerkan
Siap disajikan

3. Tempe Mendoan

Nah, kalo makanan yang satu ini nih, siapapun yang mencobanya pasti bakal ketagihan apalagi dimakan pas masih hangat. Tempe mendoan ini merupakan tempe yang diiris tipis atau tempe setengah jadi kemudian digoreng dengan tepung tapi tidak terlalu kering. Tempe mendoan ini ini gurih dan renyah. Tempe yang digunakan untuk mendoan adalah jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar per bungkus. Kalau untuk gizi tidak usah diragukan, karena tempe mengandung protein nabati, serat pangan alami, karbohidrat, isoflavon, vitamin B kompleks yang terdiri dari B12 atau sianokobalamin, B1 atau tiamin, B2 atau riboflavin, B6 atau piridoksin dan lain-lain. Selain vitamin B kompleks,tempe juga kaya akan vitamin A,D,E dan K. Tempe juga mengandung zat anti-oksidan yang populer disebut isoflavon yang mampu melawan pengaruh radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh,untuk menyehatkan tubuh dan menjauhkan penuaan dini.
Bahan pembuatan tempe mendoan :
300 g tempe, iris lebar tipis 10x15 cm
2 batang daun bawang, iris halus
100 g tepung beras
1 sdm tepung terigu
125 ml air
minyak goreng
Haluskan:
2 siung bawang putih
1 butir bawang merah
1 sdt ketumbar
½ sdt merica butiran
2 sdt garam
Cara membuat:
Aduk tepung dengan bumbu halus, daun bawang, dan air hingga rata.
Celupkan tiap potongan tempe dalam adonan tepung.
Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga adonan tepung membeku tetapi belum mengeras, matang tetapi tidak kuning atau kering. Angkat, tiriskan.
Sajikan hangat dengan sambal kecap rawit. Untuk 12 buah

4. Lepet Ketan

Kalau lepet ketan ini biasanya dijadikan cemilan sambil menikmati indahnya pantai dan angin sepoi sepoi atau biasanya lepet dijadikan oleh-oleh laut untuk dibawa pulang. Lepet merupakan nasi ketan yang dibentuk seperti lontong dengan bungkus daun kelapa. Dalam lepet ketan ini mengandung Protein,Lemak,Karbohidrat,Kalsium,Fosfor,Zat Besi,Vitamin A,Vitamin B1,Vitamin C.
Bahan :.
500 gram ketan putih, rendam 1 jam, tiriskan
1/2 butir kelapa yang sedang, kupas, parut
1 sdt garam
Pembungkus :
Daun kelapa muda ( janur )
Tali untuk mengikat ( biasanya dibuat dari bambu yang disuwir - suwir tipis )

Cara Memasak :
Campur rata semua bahan. Lepaskan lidi / tangkat daun kelapa. Gulung helai daun membentuk cerobong, diameter kurang lebih 3 cm dan panjang 10 cm, semat salah satu ujungnya dengan lidi.
Masukkan campuran ketan hingga kurang lebih 1 cm di bawah tepi daun, rapatkan dan ikat dengan tali agar isi tidak keluar saat direbus.
Tata lepet pada dasar panci, beri air sampai semua terendam, masak dengan api sedang. Tambahkan air panas sesekali agar air perebus tidak berkurang. Rebus selama 2 jam, sampai matang.
Angkat dan tiriskan.

5. Sate Ambal

Sate ambal ini merupakan makanan super khas Kebumen dan tidak ada di kota lain. Sate Ambal ini berbeda dengan sate lainnya, rasanya enak dan gurih. Sate ayam ini dibuat oleh masyarakat Desa Ambal Resmi, cita rasa sate ambal ini khas dan unik karena bumbunya menggunakan campuran tempe kedelai dan tidak menggunakan bumbu kacang. Dan karena yang membuat sate dengan ciri khas dan cita rasa yang konsisten adalah masyarakat Ambal secara turun-temurun,maka sate ayam ini populer dengan sebutan sate ambal. Sate Ambal memang bukan sate biasa Sate berwarna kuning karena potongan daging ayam yang akan ditusuk menjadi sate direndam terlebih dahulu dengan bumbu khusus yang terdiri dari 9 macam rempah – rempah + gula jawa atau 10 macam bumbu, dengan sambel bumbu luar dibuat dari tempe mondol/mendoan (tempe yang belum jadi/jamur kedelai) dicampur kuah/air bumbu rempah dan kaldu ayam.
Bahan-bahan:
1 ekor ayam , Buang tulangnya dan potong kecil-kecil
1 sdm kecap manis
3 sdm minyak goreng
tusukan sate

Bahan untuk bumbu halus:
4 Siung bawang merah, rajang tipis kemudian goreng
2 siung bawang putih
2 sdt ketumbar , disangrai hingga keluar aroma
¼ sdt jintan , sangrai juga
2 butir kemiri , sangrai juga
1 ruas jahe
½ sdt garam
Gula merah iris tipis-tips, ambil ± 2½ sdt

Bahan untuk saus:
150 gr tempe dikukus, haluskan, sisihkan
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 buah cabai merah keriting
1 sdt garam
2½ sendok teh gula merah sisir
600 ml air

Cara membuat:
Aduk aduk rata ayam, kecap manis, minyak goreng, dan bumbu halus. Diamkan 30 menit
Tusuk-tusuk ayam di tusuk sate. Bakar sambil dioles sisa bumbu sampai matang
Saus: haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, garam, dan gula merah. Tambahkan tempe. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai matang
Hidangkan sate beserta sausnya

6.Golak

Golak adalah salah satu makanan tradisional khas Kebumen yang terbuat dari olahan singkong. Golak dikreasikan dalam bentuk angka 8 atau 0 yang empuk sangat enak untuk dinikmati.Golak tersebut diikat dengan tali bambu.Singkong dikuliti dan direndam terlebih dahulu untuk membuang racun atau zat yang tidak diinginkan, dan dijemur. Kemudian singkong diparut kasar, kemudian dicampu sedikit air, ditambah bumbu, dan diaduk-aduk kental seperti lempung. Selanjutnya dibentuk menjadi golak dan digoreng dengan minyak kelapa. Golak singkong adalah makanan tradisional sederhanna yang mempunyai kandungan gizi seperti : Kalori,Fosfor,Karbohidrat ,Kalsium,Vitamin C,Protein ,Besi,Lemak,Vitamin B1

7 .Soto Kored

Soto kored merupakan soto yang hanya ada di pantai Petanahan, soto ini berbeda dari yang lain karena isinya hanya tauge, potongan daging dan kupat. Setelah seharian bermain di pantai kita bisa mampir ke soto kored ini untuk mengembalikan tenaga karena kebutuhan karbohidrat, protein, mineral dan lemak akan tercukupi dengan memakan soto ini. Rasanya pun berbeda dari soto lainnya karena mempunyai kuah yang khas dengan bumbu kunyit dan jahe. Soto ini disebut kored karena berasal dari nama penjualnya yaitu Pak Sukarman atau Pak Kored yang turun temurun ini. Soto ini juga mennghangatkan badan karena ada jahe di kuahnya.

Pantai

 

Pantai

Pantai

 

Pantai

 

Nah teman-teman,itu di atas tadi daftar makanan dan foto pantai di Kebumen Berimanku, so jangan lupa mampir ke pantai dan mencicipi makanannya ya kalau lagi berlibur di Kebumen, semoga bermanfaat. Jangan lupa jaga kesehatan yaa dengan makan makanan yang bergizi.

Mari