Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Makanan Pencegah Kanker

Oleh Nutrisi Bangsa 23 Apr 2014

ims9v00093012

Sahabat nutrisi,

Dewasa ini, sering tersiar berita mengenai penyakit kanker. penyebab utama kanker adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga, merokok, dan pola makan yang tak sehat.

Oleh karenanya, dengan menerapkan gaya hidup sehat dan asupan nutrisi yang tepat, kita dapat meminimalisir penyakit tersebut.

Yuk, simak beberapa jenis makanan yang bisa membantu mencegah kanker:

1. Alpukat, buah ini mengandung glutathione, sejenis antioksidan yang sangat kuat, untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

2. Brokoli, kol dan kembang kol, ketiganya mengandung komponen kimia indole-3-carbinol (I3C) yang berguna untuk memerangi kanker payudara. Bagian kecambah brokoli mengandung phytochemical sulforaphane yang dapat mencegah kanker usus. Sulforaphane menginduksi produksi enzim tertentu yang dapat menonaktifkan radikal bebas dan karsinogen.

3. Cabai, mengandung capsaicin yang dapat menetralisir kanker perut.

4. Bawang Putih, mengandung allyl sulfur yang membantu mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine dalam tubuh dan memblokir zat-zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, zat aktif seperti vitamin A, B, C, kalsium, potassium, besi, karoten dan selenium yang terkandung di dalamnya dapat mencegah mutasi gen, menghambat pertumbuhan sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak bahkan merangsang sel kanker untuk membunuh dirinya (apoptosis). Bawang putih juga berperan sebagai antioksidan yang mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membunuh kuman helicobacter pylori yang dapat memicu kanker lambung.

5. Jeruk Bali, mengandung monoterpenes yang dapat mencegah kanker dengan mengeluarkan karsinogen dari dalam tubuh. Jeruk juga mengandung vitamin C, beta karoten dan asam folat.

6. Anggur Merah, mengandung bioflavonoids sejenis antioksidan yang bekerja sebagai pengusir kanker. Buah ini juga mengandung asam ellagic yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Bahkan minuman anggur merah, termasuk yang tidak mengandung alkohol, mengandung polyphenols yang melindungi tubuh dari berbagai macam kanker serta menetralisir penyakit akibat radikal bebas

7. Jamur, seperti jamur shiitake, maitake dan reishi diyakini mampu memerangi kanker dan membangun sistem imun. Jamur-jamur ini mengandung polysaccharides senyawa yang ampuh membantu membangun imunitas dan merupakan sumber beta glucan. Jamur juga mengandung protein lectin yang dapat menyerang sel-sel kanker dan mencegahnya bermutasi dan membelah diri.

8. Pepaya, buah ini kaya vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan dan mengurangi absorsi nitrosamines atau penyebab kanker dari makanan olahan.

9. Rumput laut dan tumbuhan-tumbuhan laut, mengandung beta-karoten, protein, vitamin B12, serat dan klorofil yang penting melawan kanker payudara.

10. Kedelai, produk kacang kedelai seperti tahu, mengandung phytoestrogen yang dapat membantu mencegah kanker payudara dan prostat dengan cara menghambat dan menekan perubahan sel kanker.

11. Teh, baik teh hijau maupun teh hitam mengandung antioksidan polyphenol yang mencegah pembelahan sel-sel kanker.

12. Tomat, mengandung lycopene, antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab kanker. Lycopene dipercaya dapat membunuh sel kanker di mulut dan peningkatan konsumsi lycopene dapat mengurangi resiko kanker payudara, prostat, pangkreas dan kanker kolateral.

Sumber: Majalah Pesona