Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Malnutrisi = Kekurangan dan Kelebihan Nutrisi

Oleh Titiw Akmar 20 Aug 2010

Di kota-kota besar seperti Jakarta, kota yang saya tinggali sejak lahir, nampaknya malnutrisi bukanlah sebuah issue yang berkembang. Siapa sih yang kekurangan gizi di sini? Makanan melimpah, apapun ada, dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal.

Eits, jangan salah. Ternyata, malnutrisi tidak hanya keadaan dimana seseorang kurang gizi saja lho. Ketika asupan nutrisi masuk ke dalam tubuh secara berlebihan, keadaan tersebut juga mencakup malnutrisi! Namanya saja yang sedikit berbeda. Kalau undernutrition itu kurang gizi, sedangkan overnutrition ialah kelebihan gizi.

Wah, jadi orang orang yang berkecukupan itu juga rentan terkena malnutrisi ya? Tepat. Undernutrition itu jamak ditemui di negara-negara miskin, hingga negara berkembang. Sedangkan overnutrition banyak ditemukan di negara maju yang jarang terdengar issue kekurangan makanan. Jadi, intinya apapun yang kekurangan dan berlebihan itu tidak baik. Karena malnutrisi ini rentan terjadi kepada balita dan anak-anak, maka dengan pengetahuan yang baik dari Ibu si anak, maka resiko terkena malnutrisi dapat dihindari. Ayo bersama-sama kita perangi malnutrisi!

1 Komentar

Sabai

24 Aug 2010 16:44

Jadi yang baik memang yang sedang-sedang saja ya mbak? Hmmm....