Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Manfaat Lemon Untuk Tubuh

Oleh Nutrisi Bangsa 12 Oct 2014

wses131287

Sahabat nutrisi,

Lemon mungkin tidak sepopuler jeruk nipis karena menu-menu khas Indonesia jarang yang menggunakan buah tersebut. Akan tetapi dewasa ini lemon banyak dimanfaatkan untuk campuran minuman atau yang biasa disebut infused water.

Buah berwarna kuning dan berbentuk lonjong ini mengandung banyak vitamin C, vitamin B, fosfor, protein, flavonoid dan karbohidrat, sehingga banyak mengandung manfaat bagi tubuh, di antaranya:

- Antioksidan, kandungan flavonoid yang terdapat di dalamnya mengandung antioksidan dan membantu melawan kanker, juga mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi.

- Mengurangi berat badan, dengan mengonsumsi jus lemon yang dicampur air hangat dan madu setiap hari dapat membantu mengurangi berat badan

- Mengurangi darah tinggi, kandungan kalium dalam lemon bermanfaat meredakan tekanan darah tinggi.

- Meringankan flu dan demam. Lemon memiliki sifat terapeutik untuk meringankan gejala flu dan demam.

- Mengurangi peradangan. Selain bersifat terapeutik, lemon juga merupakan diuretik alami yang meningkatkan urin dan mengeluarkan bakteri dan racun dari aliran darah, juga membantu meringankan penyakit peradangan, karena arthritis dan rematik.

- Mengurangi resiko batu ginjal, jus lemon yang ditambahkan dalam air minuman akan meningkatkan sitrat kemih, dan akan membantu menurunkan resiko pembentukan kristal dalam ginjal.

- Mengurangi sakit tenggorokan dan infeksi mulut. Khasiat anti bakteri yang terkandung di dalamnya dapat membantu melawan infeksi tenggorokan dan luka sariawan.

- Membersihkan darah. Mengonsumsi air lemon setiap hari dapat membantu membersihkan darah dari kelebihan gula, lemak dan lainnya.

- Mengurangi sakit kepala. Menambahkan beberapa sendok teh perasan lemon ke dalam minuman hangat, seperti teh, dapat mengurangi intensitas sakit kepala.

- Membantu pencernaan dan mengurangi rasa mual

- Mengurangi gatal dan ruam kulit, oleskan lemon pada kulit yang mengalami gatal-gatal atau ruam.

Nah, banyak bukan manfaat lemon? Jangan lupa, untuk memperoleh manfaat maksimal dari buah ini, konsumsilah seperempat hingga setengah lemon per hari.