Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Menjadi wanita adalah Anugerah!

Oleh ni putu arya pertiwi sumaryana putri 26 Feb 2012

Menjadi seorang wanita terutama seorang ibu adalah anugerah terindah, menjadi seorang wanita sekalgus istri,teman,sahabat,ibu,pengatur keuangan dan rumah tangga merupakan pekerjaan yang berat sekaligus anugerah untuk seorang wanita, tidak ada yang sanggup membayar nya dengan apapun kecuali senyuman hangat dari anak-anak dan keluarga yang sehat :)

Coba kita tanyakan pada setiap wanita di dunia ini , saya yakin bahwa mereka akan setuju bahwa Kehamilan,melahirkan dan menyusui adalah anugerah terbesar dalam kehidupan mereka,lebih dari apapun. Walaupun mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka tidak menyukai peristiwa indah tersebut,tapi dalam hati kecil mereka siapa yang tau? 

Oleh karena itu tidak heran apabila setiap wanita yang sedang hamil,suami,keluarga,bahkan orang disekitar ibu hamil tersebut akan selalu berusaha keras untuk memberikan yang terbaik untuk ibu hamil dan bayi yang sedang dikandungnya. Bahkan di Transjakarta ada pemberitahuan untuk memberikan tempat duduk untuk ibu hamil/pun ibu yang mengajak anak balitanya,sudah banyak Ruang menyusui di berbagai fasilitas umum lainnya menandakan kepedulian pemerintah dan berbagai pihak dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan ibu hamil,bahkan sudah ada dalam uu ketenagakerjaan untuk memberikan Cuti hamil kepada ibu yang sedang hamil. Kepedulian sosial yang sangat tinggi ini,membuat hamil terasa sangat menyenangkan,tidak hanya ibumil saja,suami bahkan keluarga pun akan menjauhi segala hal yang dilarang oleh adat istiadat,sosial budaya,larangan dari Bidan/dokter kandungannya dari menghentikan berbagai kebiasaan buruk yang sebelum hamil mereka lakukan sampai membangun kebiasaan baik dan sehat yang sebelumnya tidak mereka lakukan, itu semua demi alasan Ibu dan bayi akan selalu sehat dan bisa melewati masa-masa kehamilan,persalinan dan menyusui yang baik.
Kehamilan berarti mengatur pola hidup menjadi lebih baik.Sebenernya saya lebih setuju supaya kita mengatur hidup yang sehat,sebelum kehamilan artinya kita sudah mempersiapkan fisik,psikologis jauh-jauh hari sebelum kehamilan berlangsung.
 
Kehamilan adalah masa yang menyenangkan bagi para wanita terutama keluarga yang sebentar lagi akan kedatangan anggota baru. Kehidupan mereka berubah. Ada keajaiban dan ketidakpercayaan bahwa di dalam dirinya tumbuh kehidupan baru. Perasaan senang,sedih,cemas,takut,bingung campur aduk menjadi satu Suatu pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Pengalaman yang akan terkenang seumur hidup. 
 

Pola dan gaya hidup yang sehat membuat kehamilan berjalan lancar dan sehat dan tentunya menurunkan resiko komplikasi pada saat hamil dan melahirkan. Pada masa ibu hamil trimester pertama kehamilan, gangguan seperti mual muntah sering terjadi. Masanya tidak diketahui pasti karena setiap orang pasti berbeda. Ada yang mengalami hingga usia kehamilan 14 minggu tapi ada juga yang hingga lebih dari 24 minggu. Seperti ibu saya, dia bercerita sewaktu mengandung saya dia muntah-muntah dari awal dia tau hamil sampai detik-detik menjelang kelahiran saya,dan itu yang membuat dia sedikit trauma sampai 13 tahun kemudian ibu saya kembali mengandung adik saya yang sekarang berusia 7 tahun,saya melihat iu saya tidak hanya pagi,jadi bukan disebut morning sickness lagi tapi hampir setiap kali makan dia muntah,mencium bau yang tiadk enak dll..tapi syukurnya itu tidak mengakibatkan apa-apa karena dia beroikir setiap ibu hamil memiliki pola kehamilan yang berbeda antara satu dengan yang lain sehingga semuanya akan baik-baik saja tergantung bagaimana cara menyikapinya,seperti, m engubah pola makan m akan dengan porsi kecil tapi teratur hingga 6– 7 kali dalam sehari daripada makan 3 kali dalam porsi besar. Pilih makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral,dan mengindari junk food serta makanana instant lainnya. Pola makan yang sehat saat hamil pun dapat menjadi modal utama persalinan dan proses menyusui yang baik dan lancar.


Pola hidup sehat,Nutrisi seimbang akan selamatkan ibu dan Bangsa.