Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Menjaga kesehatan bunda yang akan dan sudah memasuki masa menopause

Oleh Nurlia Paizah 15 Mar 2012

Bunda adalah segalanya untuk saya, peluk dan kasih sayang bunda sangatlah berarti untuk saya. Bunda adalah orang yang telah melahirkan saya kedunia ini, menjaga, membesarkan kita dengan sepunuh hati. Oleh karena itu sudah sewajarnya bila saat kita telah tumbuh dewasa kita berbuat seperti yang dulu bunda lakukan selagi kita kecil. Kewajiban kita sebagai anak yaitu berbakti kepada kedua orang tuanya, salah satunya dengan kita ikut serta dalam menjaga kesehatan bunda. Tubuh sehat adalah harta yang paling berharga untuk kita semua. Bunda sehat kita pun senang dan  begitupun sebaliknya.

 Bunda kita yang berusia 50 tahun ke atas sudah mulai akan memasuki masa menopause. Menopouse yaitu berhentinya masa menstruasi. Penjelasan mengenai menepouse bisa dibaca di sini. Selain itu saya mengutip dari sebuah artikel yang mengatakan: “tidak mudah menjadi tua bagi perempuan setelah menopause dan ada beberapa ancaman berbagai penyakit muncul”. Menurut saya penyakit yang timbul pada perempuan menopouse tidak hanya ditimbulkan oleh kondisi fisik tubuhnya akan tetapi bisa ditimbulkan dari kondisi psikologis lingkungan sekitar. Hal ini berkaitan dengan kodrat perempuan sebagai mahluk Tuhan yang memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi.

Berdasarkan kacamata saya sebagai seorang anak salah satu cara menjaga kesehatan bunda adalah sebagai berikut:

  • Bunda harus dibuat senang dan tenang pikirannya

Penyakit yang datang tidak hanya disebabkan oleh virus ataupun bakteri yang menyerang jasmani, akan tetapi dapat ditmbulkan oleh psikologis kerena sedang banyak pikiran yang tentunya dapat menyebabkan jatuh sakit. Sebenarnya hal ini tidak hanya terjadi pada orang tua tetapi bisa pula terjadi pada orang yang masih muda. Dahulu saat saya sedang duduk di bangku SMP setiap kali mau UTS ataupun UAS pastinya saya sakit walaupun cuman sakit yang ringan seperti pilek.

Banyak pikiran dapat mengganggu kesehatan bunda, seperti pernah terjadi pada bunda saya saat itu bunda sedang banyak pikiran karena nenek sedang sakit keras, mengakibatkan bunda tidak bisa tidur dengan nyenyak setiap malam  dan pada akhirnya tekanan darahnya tinggi kembali. Hidup rukun adalah dambaan semua orang termasuk bunda. Bunda pastinya mengharapkan anak-anak hidup rukun dengan kakak dan adik, kakaknya diharapkan bisa mengayomi adiknya ataupun sebaliknya. Hal ini dapat memberikan suasana senang pada bunda sehingga terhindar dari beban banyak pikiran dan secara tidak langsung membuat bunda tetap sehat secara jasmani dan rohani.                                                     

  • Mendapatkan perhatian dari orang terdekat

Sewaktu kita kecil bunda tidak henti-hentinya memberi perhatian yang berlebih kepada kita tanpa kita sendiri yang meminta. Oleh karena itu sudah sewajarnya apabila sekarang kita yang terus memberi perhatian pada bunda. Apabila bunda tidak diperhatikan oleh orang terdekatnya terutama anak-anaknya, bunda bisa saja beranggapan bahwa anak-anaknya tidak memperdulikan dirinya sehingga mengakibatkan bunda merasa sedih lalu  menimbulkan banyak pikiran dan akhirnya bisa mengakibatkan jatuh sakit. Hal ini pernah terjadi pada bunda saya, saat itu kakak saya sedang tugas pelatihan ke luar kota dan kakak jarang memberi kabarnya kepada bunda. Hal ini mengakibatkan bunda merasa cemas dan khawatir pada kakak sedangkan  pesan singkat yang bunda kirimkan jarang kakak balas, kalaupun kakak membalasnya itu tidak langsung jam itu juga akan tetapi bias esok harinya kondisi ini mengakibatkan bunda merasa dicuekin, sedih dan kepikiran. Pada akhirnya tekanan darah bunda kembali tinggi.

 Namun apabila bunda mendapat perhatian dari anak-anaknya, bunda akan merasa senang walaupun bentuk perhatiannya hanya sederhana. Misalnya saja apabila anak-anaknya yang berada diluar kota rutin telpon walaupun hanya sebentar untuk sekedar menanyakan kabar kesehatannya saja. Sebaiknya untuk yang sudah tidak tinggal lagi satu rumah dengan bunda, berada jauh dengan bunda harus disempatkan untuk memberi perhatian kepada bunda setiap harinya sesibuk apapun keadaannya. Berbagai media komunikasi sudah tersedia walaupu tidak bisa ketemu setiap hari, hal itu bisa  dilakukan dengan telpon, video call dan lain-lain.

  • Bunda harus diperhatikan pola makan

Hidup sehat adalah dambaan semua orang, apapun akan dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dengan mengatur pola makan. Makanan adalah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya. Namun tidak semua makanan menyebabkan sehat untuk tubuh. Apalagi untuk bunda yang sudah dan akan mengalami masa menopause asupan makan harus diperhatikan. Menepouse dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, oeteoporosis dan lain-lain. Bunda yang mendekati atau sudah menopause harus mengkonsumsi berlebih makanan yang mengandung kalsium. Bunda yang memiliki penyakit hypertensi harus dikurangi asupan garam pada makanannya, bunda yang memiliki penyakit asam urat harus dikurangi asupan sayuran yang berwarna hijau serta kacang-kacangan. Bunda terkadang lupa untuk memperhatikan asupan makanannya, oleh karena itu kita sebagai anak berkewajiban untuk mengingatkannya.

  • Aktif dalam kegiatan di luar rumah

Bunda yang memiliki profesi ganda selain sebagai ibu rumah tangga juga bekerja di tempat lain. Saat sudah memasuki masa pensiun dari tempat bekerjanya akan memiliki tingkat kejenuhan yang tinggi apabila hanya berdiam diri saja di rumah saja sebagai ibu rumah tangga. Tingkat kejenuhan tersebut dapat mengakibatkan bunda setres dan kepikiran sehingga dapat mengakibatkan sakit. Oleh karena itu untuk mengatasi hal itu terjadi pada  bunda sebaiknya bunda memiliki kegiatan lain di luar rumah dengan para sahabat bunda lainnya ataupun ikut bergabung dengan komunitas bunda. Kegiatan tersebut misalnya bunda aktip dalam kegiatan arisan di lingkungan RT, bunda aktif dalam kegiatan rohani dan lain-lain.

  • Bunda harus sering berolahraga

Hidup sehat maka semua kegiatanOlahraga sangat penting dilakukan oleh semua orang untuk menjaga kesehatannya supaya tetap sehat. Hal ini termasuk penting dilakukan oleh bunda. Bentuk olahraga yang dijalankan bunda tidak perlu yang berat, misalnya cukup dengan berjalan kaki setiap pagi mengelilingi komplek rumah, bisa juga dengan ikut senam sehat dilingkungan sekitar dengan para bunda lainnya.  

  • Periksa Kesehatan Secara Rutin

Memeriksa kesehatan secara rutin penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan yang sebenarnya. Bunda yang akan dan sudah menopause harus secara rutin memeriksa kondisi kesehatannya walaupun keadaannya tidak sakit. Namun hal ini penting dilakukan supaya kita sebagai anak yakin dan akan merasa tenang jika bundanya sehat. Sebaiknya bunda ditemani oleh anaknya  saat memeriksa kesehatannya ke dokter.

Tulisan ini diikutsertakan dalam “Blog Writing Competitition” yang diselenggarakan oleh NuB