Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Menyiapkan Calon Pemimpin

Oleh cindyaf 14 Oct 2013

 
Setiap orang tua tua pasti mendambakan buah hatinya kelak akan menjadi seorang pemimpin.. Lalu, Bagaimana caranya agar anak menjadi pemimpin? Apa peran Ibu dalam mempersiapkan mereka menjadi seorang pemimpin? 
1. Berikan Teladan
Anak-anak adalah pembelajar yang baik karena pada saat itu mereka sangat penuh dengan rasa ingin tahu. Maka sebagai orang tua harus bisa meneladankan perilaku yang baik dan perkataan yang baik dan benar.

2. Berikan Pengertian
mulai dari kecil orang tua harus memberikan pengertian-pengertian yang baik tentang kehidupan. Pengertian ini bisa dikatakan adalah teori-teori kehidupan yang baik yang akan berguna untuk kesuksesan anak di masa depan.
3. Berikan Penderitaan Artificial

Penderitaan artificial bukan berarti anak disiksa untuk menderita, tapi anak dikondisikan serba terbatas dan ada syarat untuk menginginkan sesuatu. Contoh ketika anak ingin dibelikan mainan, maka orang tua harus memberikan syarat yang syarat itu adalah untuk mendidik mental dan kepribadian anak.  

4. Bekal keimanan
Pondasi paling utama menjadi seorang pemimpin adalah bekal keimanan. Keimanan inilah yang akan menuntun seorang pemimpin untuk selalu berjalan di jalan yang benar. Membuat kebijakan dan menjalankan roda kepemimpinan hanya semata-mata untuk kemanfaatan rakyat banyak.
 
 5. Bekal ilmu pengetahuan
Menurut Hibbah Rauf, terdapat dua macam ilmu yaitu ilmu fithrah dan ilmu syari’ah (agama). Ilmu fithrah adalah ilmu yang mengkaji manusia dan penciptaannya, serta keperluan sosial, politik, ekonomi dan moralitasnya. Sementara ilmu syari’ah adalah ilmu yang berisi pengarahan kepada manusia agar menerapkan nilai-nilai kebaikan, salah satunya bertindak adil. Pendidikan yang baik merupakan salah satu faktor utama dalam menumbuhkan sikap kepemimpinan pada anak. Sebelum mengarahkan seoarang anak menjadi pemimpin yang baik.
 

8. Menstimulasi Jiwa Kepemimpinan pada Anak
Selain faktor pendidkan, lingkungan dan keluarga adalah hal penting yang dapat menumbuhkan karakter anak menjadi seorang pemimpin sejati. Kita sebagai orang tua juga dapat menumbuhkan sikap kesadaran kepemimpinan dengan menstimulasi jiwa anak melalui permainan, pelajaran, atau metode pendekatan lainnya agar tumbuh jiwa kepemimpinan pada diri anak.
Menumbuhkan sikap kepeimpinan pada anak dapat kita lakukan dengan membiasakan pada anak agar terus hidup penuh tanggung jawab dan kemandirian.

Jadi, Kesimpulannya

Nah itulah sedikit tips tentang cara medidik anak dalam keluarga anda. Yang paling pokok dari semua cara mendidik anak adalah keteladanan  dan perhatian dari orang tuanya. Mari kita jadikan anak-anak Indonesia generasi pemimpin hebat yang akan mengangkat Indonesia ke kancah persaingan dunia di masa depan.