Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

NIKMATNYA KUPANG KRATON BIKIN SENSASI YANG TAK TERLUPAKAN

Oleh Budi Siswanto 22 May 2013

Ada pameo “Jika anda mengunjungi suatu daerah/negara baru, maka yang harus anda coba pertama kalinya adalah makanan khasnya.” Pameo tersebut bukannya tidak berdasar, tetapi pada kenyataannya kebanyakan jika kita berkunjung ke suatu daerah, urusan perut menjadi faktor dominan keingintahuan kita terhadap daerah tersebut. Yah tak dapat dipungkiri bahwa makanan adalah salah satu penentu kita bisa bertahan di suatu daerah atau tidak serta minat terhadap kuliner baru yang membuat kita ingin tahu seberapa lezatkah makanan tersebut, sesuai tidak dengan lidah kita, bagaimana dengan kandungan gizinya dan masih banyak pertanyaan lagi bila kita menjumpai jenis makanan baru. Tidak terkecuali jika sobat datang ke daerah pesisir, pasti sobat juga akan mencari kuliner yang bernuansa laut yang penuh dengan gizi dan kelezatan yang tiada tara.

Image and video hosting by TinyPic

Berbicara masalah makanan khas daerah pesisir tak lepas dari makanan yang berbahan dasar hasil laut bisa hewan atau tumbuhan laut seperti ikan, kepiting, rumput laut, kerang dll. Tentunya sajian khas daerah pesisir mempunyai beberapa menu andalan, tidak terkecuali di daerahku Pasuruan. Mungkin sebagian besar masyarakat sudah mengenal betul bahwa Pasuruan adalah daerah pesisir timur setelah Sidoarjo dan sebelum Probolinggo yang mempunyai banyak keistimewaan dan makanan khas daerah pesisir yang tentunya mengundang minat para pemburu kuliner untuk bisa menikmatinya. Banyak makanan laut yang hadir dan bisa dinikmati di Pasuruan, tetapi ada salah satu yang sangat istimewa dan wajib untuk dicoba oleh para penikmat kuliner, makanan lezat tersebut adalah “Kupang Kraton.” Kenapa disebut dengan Kupang Kraton karena makanan khas hasil laut yaitu Kupang yang berasal dari  Kecamatan Kraton ini memiliki fitur dan rasa yang khas banget dan tentunya akan memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Image and video hosting by TinyPic
Apa sih Kupang itu ? Apakah Kupang makanan yang bergizi ? Apakah Kupang tidak menimbulkan alergi seperti kebanyakan makanan laut lainnya ? Apakah Kupang tidak berbahaya bagi tubuh ? Apakah..apakah..apakah… masih banyak pertanyaan tentang Kupang yang harus kita gali lebih dalam sebelum kita menikmatinya bukan… hehehe…

Kupang adalah hewan laut yang masuk phylum Mollusca ini yang merupakan biota pantai yang berukuran 3 - 5 mm dan sebagian besar hidup menetap di dasar perairan yang berlumpur atau berpasir dengan konsentrasi besar di muara-muara sungai.  Berdasarkan jenisnya, kupang terdiri dari 2 jenis yaitu kupang putih dan kupang merah dimana kupang putih lebih banyak didapat dan dikonsumsi oleh manusia karena mudah didapat. 

Image and video hosting by TinyPic

KANDUNGAN GIZI KUPANG

Kandungan gizi kupang sangatlah tinggi terutama pada kupang segar yang mempunyai kandungan nutrisi yang cukup banyak terutama kandungan lemaknya. Komponen gizi tinggi yang terkandung di dalam kupang adalah :

  • kadar air = 75,7 %
  • kadar abu = 3,09 %
  • protein = 10,85 %
  • lemak = 2,68 %
  • karbohidrat = 1,02 %

Image and video hosting by TinyPic Dari kandungan gizinya jelas bahwa kupang sangat layak untuk menjadi makanan favorit dan produk olahan dari kupang bisa sangat bervariasi seperti dibuat kerupuk, petis, bakso dan masakan lainnya. Lemak yang terkandung dalam kupang terdiri dari asam lemak tidak jenuh (linoleat, linolenat dll) yang sangat menonjol sehingga baik untuk kesehatan dalam hal membantu metabolisme kolesterol. Protein dalam Kupang terdiri dari banyak asam amino essensial yang baik untuk kesehatan, sekitar 17 asam amino essensial (lisin, tripsin valin, treonin, metionin leusin, isoleusin, fenilalanin, argini dan astidin) didalamnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dikarenakan tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga sangat sesuai jika kupang dijadikan menu makanan sehari-hari. Kupang juga mengandung mikronutrien penting yaitu Zat Besi (Fe) yang membantu pembentukan sel darah merah dan Seng (Zn) yang merupakan komponen penting untuk pembentukan enzim dalam metabolisme dalam tubuh. Jadi sangat layak tentunya jika kupang dijadikan makanan sehari-hari dengan sumber gizi yang tinggi disamping rasanya yang khas dan enak. 

APAKAH KUPANG BIKIN ALERGI ??

Bagi sebagian orang ada yang alergi dengan makanan laut, seperti halnya dengan kupang yang bisa juga menjadi allergen karena kandungan protein di dalam kupang yang cukup tinggi dan ada bagian protein yang tidak bisa diterima oleh tubuh manusia sehingga bereaksi sebagai racun yang dihasilkan oleh bakteri terutama pada kupang yang tidak segar lagi dan juga disebabkan oleh proses pengolahannya yang kurang higienis. Biasanya alergi ditandai dengan rasa gatal di daerah mulut, timbul bintik-bintik merah pada kulit, gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan diare disertai rasa bengkak pada wajah dan pusing. Sebenarnya alergi ini akan berangsur sembuh dengan sendirinya ketika beberapa asam amino yang tidak tercerna oleh tubuh  menghilang karena adanya metabolisme tubuh yang menetralisir racun, dan dibutuhkan waktu tidak seberapa lama tergantung kondisi seseorang. Untuk mencegah terjadinya alergi setelah makan, maka dianjurkan untuk minum air kelapa muda atau hijau setelah makan, karena air kelapa dapat menetralkan allergen dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Jika terlanjur kena alergi maka bisa dioleskan sedikit tepung soda bakar yang dicampur dengan air atau 1/10 larutan methanol dalam alkohol. Jika masih belum sembuh, bisa langsung dibawa ke dokter untuk diberikan obat anti alergi…

Tetapi jangan takut sobat dengan makan Kupang Kraton, karena dijamin bebas alergi karena diolah dengan higienis dengan bahan baku kupang segar yang mudah diperoleh, karena banyak nelayan yang mendapatkannya setiap hari..

Image and video hosting by TinyPic

KUPANG KRATON

Mungkin sebagian besar masyarakat di Jawa Timur hampir mengetahui keberadaan menu khas Pasuruan yang terkenal dengan nama “Kupang Kraton.” Menu yang terkenal dengan kelezatannya dibuat dari bahan dasar Kupang dengan memberikan bumbu tambahan disertai dengan menu tambahan yang bikin air liur menetes seperti lontong, sate kerang, tahu goreng dan lento (terbuat dari singkong, kacang tolo ataupun kedelai yang dihaluskan dan digoreng) menjadikan perpaduan yang sempurna untuk menjadi makanan yang lezat dan bergizi sebagai santapan keluarga sehat. 

Pengolahan Kupang :

Untuk pengolahan kupang relatif sangat mudah dilakukan, berikut proses pengolahannya :

Image and video hosting by TinyPic

  • Kupang yang didapat dari nelayan dicuci hingga bersih, sehingga zat-zat yang menempel pada cangkang kupang tidak terikut karena dikhawatirkan masih mengandung zat-zat berbahaya bagi manusia
  • Untuk memisahkan cangkang dengan daging kupang cukup dengan cara merebusnya dan ditambahkan bawang putih hingga matang, proses pematangan ditandai dengan pemisahan daging dan cangkangnya serta warna daging yang berubah
  • Setelah proses perebusan maka dilakukan proses pemisahan cangkang dan daging kupang dimana posisi cangkang akan mengapung dan daging kupang tenggelam, sehingga tinggal mengambil cangkang yang mengapung dan yang tersisa hanya daging kupang.  

Cara Penyajian Kupang Kraton

Cara penyajian khas Kupang Kraton relatif mudah dilakukan, tetapi terlebih dahulu menu tambahan harus siap tersaji terlebih dahulu, seperti :

    1. Lontong : nasi yang dibungkus dalam daun pisang yang biasanya berbentuk tabung yang mempunyai rasa yang khas dibanding nasi pada umumnya.

Image and video hosting by TinyPic

    1. Sate Kerang : Sate kerang disini berbeda dengan sate kambing atau ayam yang harus dibakar dahulu sebelum dihidangkan, sate kerang ini direbus dan dikasih bumbu sedemikian rupa yang penyajiannya dalam bentuk sate. 

Image and video hosting by TinyPic

    1. Tahu Goreng : tahu yang penyajiannya harus digoreng terlebih dahulu.

Image and video hosting by TinyPic

    1. Lento : terbuat dari singkong, kacang tolo ataupun kedelai dan kelapa parut yang dibumbui oleh bawang putih, garam dan gula, yang digoreng.

Image and video hosting by TinyPic

  1. Petis : petis disini ala Jawa yang biasanya terbuat dari ikan pindang, kupang, udang yang dipanaskan sampai kuahnya mengental seperti salad atau saus, dan biasanya berwarna hitam atau kecoklat-coklatan dengan rasa manis karena memakai bahan  karamel atau gula.

Image and video hosting by TinyPic

Nah setelah semuanya siap, tinggal meramunya menjadi menu andalan yang disebut dengan Kupang Kraton, dimana terlebih dahulu membuat bumbu yang terbuat dari bawang putih goreng dan cabe rawit yang digerus dengan sendok diatas piring yang akan digunakan untuk menyajikan Kupang Kraton. Setelah bumbu sudah siap kemudian diambillah kupang dan kuahnya (yang diambil dari sisa hasil rebusan kupang sebelumnya). Setelah kupang, bumbu dan kuahnya dituangkan ke piring, kemudian ditambahkan lontong, tahu dan lento yang diiris sesuai selera, tidak lupa ditambahkan petis sebagai penyedap yang makin menambah nikmatnya makan Kupang Kraton. Jika ingin menambah kenikmatan makan Kupang Kraton jangan lupakan sate kerangnya yang menambah nafsu makan semakin meningkat. Rasa asin, manis dan pedas bercampur menjadi satu menimbulkan kenikmatan yang tiada tara. Satu lagi yang perlu sobat harus bahwa Kupang Kraton paling nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat ataupun panas.

Image and video hosting by TinyPic

Bagi sobat yang mengidap alergi makanan laut, ada cara yang paling ampuh untuk menangkalnya yaitu setelah makan Kupang Kraton harus disertai minum kelapa muda atau hijau, dimana air kelapa disinyalir bisa menangkal racun dan menetralkan allergen Kupang terhadap tubuh kita. 

Image and video hosting by TinyPic


Tentunya sobat bertanya, berapa sih uang yang harus dikeluarkan untuk satu porsinya ?? Wah kalau itu jangan khawatir sobat harga Kupang Kraton ini sangat bersahabat pada kantong cekak, cukup 10 rb/porsi, sobat bisa merasakan nikmatnya Kupang Kraton yang bergizi tinggi dengan rasa yang lezat dan gurih… Dan jika sobat berasal dari luar Jatim, cara menemukan makanan lezat  yang tersedia di warung-warung di pinggiran pasar Kraton Pasuruan, sobat bisa menempuh perjalanan darat dari Surabaya ke Pasuruan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dan sobat tinggal tanya Kraton Pasuruan, semua orang pasti akan mengetahuinya, dan warung yang paling terkenal enak masakan Kupang Kratonnya adalah “Warung Bu Ning” yang letaknya tidak jauh dari jalan besar propinsi meski masuk sedikit ke Pasar Kraton, kira-kira 5 km sebelum alun-alun kota pasuruan.

Image and video hosting by TinyPic

Bagi para pecinta kuliner tentunya sangat paham tentang makanan khas Pasuruan yang sangat termasyur ini, meski di beberapa daerah seperti di Sidoarjo dan Surabaya ada menu serupa yang disebut dengan Kupang Lontong, tetapi Kupang Kraton mempunyai ciri khas yang unik dengan rasa yang labih gurih dan tentunya bisa berkata “Nikmatnya Kupang Kraton Bikin Sensasi yang Tak Terlupakan.”