Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Nutrisi Dalam Seafood

Oleh Nutrisi Bangsa 28 May 2013

Sahabat nutrisi,

Lomba blog yang bertema “Kekayaan Gizi Daerah Pesisir” baru saja berlalu. 10 petualang Jelajah Gizi sudah ditemukan. Selamat ya :)

Tinggal kita tunggu cerita seru mereka dalam kegiatan Jelajah Gizi 2 di Kepulauan Seribu yang cantik itu.

Sambil menunggu kisah petualangan mereka, mari kita telaah kandungan nutrisi yang terdapat pada bahan makanan yang umumnya berasal dari daerah pesisir, yaitu seafood atau hidangan laut.

1. Ikan

Ikan adalah sumber terbaik asam lemak Omega-3, yang dapat melindungi kesehatan jantung. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa Omega-3 dapat melindungi kesehatan mata.

2. Udang

Memiliki kadar Vitamin B12 yang tinggi, diperlukan untuk pembelahan sel dan mineral selenium guna melindungi fungsi sistem kekebalan tubuh dan fungsi tiroid.

3. Cumi-cumi

Cumi-cumi juga kaya akan Omega-3, protein, vitamin B, iodium dan berbagai mineral. Kandungan tembaga pada cumi-cumi baik untuk pembentukan sel darah merah.

4. Kepiting

Kendati memiliki nilai kalori yang rendah, hanya 128 kalori per 100 gram, kepiting juga kaya akan protein, asam lemak omega-3, serta aneka mineral penting, seperti kromium, kalsium, tembaga dan seng.

5. Tiram

Tiram juga banyak mengandung protein, omega-3 dan seng, serta rendah kolesterol. Kaya akan asam amino tirosin yang membantu meningkatkan suasana hati dan mengatur kadar stress.

6. Rumput laut

Tanaman laut ini kaya akan kandungan protein, vitamin c, seng dan yodium. Kandungan karbohidrat komplek yang terdapat di dalam rumput laut akan membantu kita memperoleh energi, sementara kandungan serat yang tinggi akan membuat rasa kenyang lebih lama, dan baik bagi pencernaan.

Sumber foto: Inmagine