Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

PERAN BUNDA BAGI SI PEMIMPIN KECIL YANG JUJUR, CERDAS, SOLEH DAN MANDIRI

Oleh RIKI MUHAMAD RIZIK 25 Sep 2013

Alangkah bahagianya melihat si kecil bermain dengan gembira dan selalu sehat.

Ibunda mana yang tak senang melihat anaknya bahagia?

Ibunda mana yang tak bangga melihat anaknya jadi peminmpin yang baik untuk anak-anaknya?

Ibunda mana yang tak bangga mendengar anaknya dijadikan panutan oleh ibunda lain?

Tentu semua bunda menginginkan semua hal tersebut dan yang terbaik untuk anaknya. Tentunya semua itu tidak bisa didapat dengan instan, perlu pengajaran yang baik untuk si kecil. Tahukah bunda sesuatu hal yang kecil dapat berdampak besar pada anak?

Silahkan bunda simak hal – hal kecil yang bisa berdampak besar untuk si kecil.

1. Membiasakan bangun Subuh dan Mandi pagi

Tahukah bunda, waktu belajar yang baik adalah ketika subuh atau dini hari. Belajar subuh atau dini hari akan membuat pelajaran mudah masuk dan diingat, hal tu dikarenakan otak masih fresh dan belum ada aktivitas yang berat. Nah akan sangat baik jika bunda membiasakan si kecil bangun subuh dan membiasakan untuk shalat. Setelah shalat, sebaiknya bunda mengajarkan si kecil tentang Al-quran, supaya si kecil dapat menjadi pribadi yang baik dan soleh. Atau untuk yang agama selain islam bisa mengajarkan tentang ibadah dan mengajarkan kitab pada si kecil. Karena sumber kebaikan terdapat dalam kitab suci.

Selain membiasakan beribadah dan membaca kitab suci, biasakan juga si kecil untuk mandi pagi dengan air dingin. Hal ini dapat memperbaiki kesehatan jaringan tubuh. Dengan kebiasaan ini juga kulit akan lebih kenyal dan lembab sehingga terlihat segar.

2. Jangan berkata “JANGAN” yang diakhiri dengan kata negatif

Bunda pernah berkata “Kamu jangan bohong” atau kalimat-kalimat lainnya?

Tahukah bunda, dengan berkata jangan si kecil tidak akan mendengarkannya dan justru akan terus melakukannya. Karena tentunya bunda tahu bahwa sifat keingin tahuan anak-anak sangat tinggi sehingga mereka tidak mendengarkan dan terus melakukan. Selain itu, dengan berkata jangan yang diakhiri kata negatif setelahnya seperti contoh tadi “Jangan bohong!” sebaiknya diganti dengan kata yang lebih positif, seperti “Jangan berkata tidak jujur.”

Loh kenapa? Karena menurut para ahli, anak akan menyimpan kata terakhir dari jangan, sehingga bisa saja berdampak negatif untuk anak. Jadi perhatikan perkatan bunda ketika melarang si kecil.

3. Biasakan untuk hidup sederhana

Banyak bunda atau orang tua terlalu memanjakan anaknya. Terutama saat anak meminta sesuatu barang yang dia inginkan, orang tua yang sangat menmanjakan anaknya akan dengan mudahnya membelikan barang sesuai dengan keinginan anaknya padahal barang lain masih ada dan mempunyai fungsi yang sama. Jika hal ini terus dilakukan, maka rasa bertanggung jawab anak akan berkurang. Hal ini akan sangat berbpengaruh terhadap anak kelak dia dewasa.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya bunda beri pengertian secara baik-baik pada si kecil supaya dia bisa belajar untuk menghargai dan bertanggung jawab terhadap barang-barang dia miliki.

4. Membacakan cerita pada si Kecil

Bunda sering membacakan cerita untuk se kecil?

Tahukah bunda, dengan sering membacakan cerita untuk si Kecil dapat berpengaruh besar untuknya. Manfaat itu sendiri berupa.

· Kemampuan berbahasa meningkat

· Kemampuan mendengar meningkat

· Kemampuan berkomunikasi verbal meningkat

· Kemampuan konseptual meningkat

· Kemampuan memecahkan masalah meningkat

· Daya imajinasi dan kreativitas bertambah

· Kecerdasan emosi (EQ) meningkat

· Nilai moral bertambah

· Wawasan bertambah

· Pengetahuan ragam budaya beragam

· Mendapatkan relaksasi jiwa dan raga

· Keakraban antara ibunda dan anak meningkat.

Sangat banyak bukan. Hal-hal tersebut sangat berpengaruh pada si kecil untuk menjadi pemimpin yang baik. Tapi akan sangat lebih bermanfaat lagi jika bunda membacakan cerita tentang tokoh-tokoh yang berpengaruh seperti kisah 25 Nabi dan Rasul, sejarah Indonesia, para pahlawan dan lain sebagainya. Namun tentunya diceritakan dengan bahasa yang ringan dan sesuai dengan anak-anak. Selain itu, membacakan cerita yang berisikan tentang perhitungan juga dapat meningkatkan tingkat kecerdasan anak dalam matematika. Jadi disamping membacakan cerita, bunda juga mengajarkan tentang sejarah bahkan tentang matematika.

5. Bermain game strategi yang baik untuk si Kecil

Selain 4 hal yang dijelaskan tadi, menyuguhkan permainan atau video game strategi juga berpengaruh terhadap si kecil. Tapi tentunya game tersebut harus sesuai dengan usia si kecil, jangan diberi game-game untuk dewasa ya bun. Beri game yang dapat melatih bagaimana si kecil menyusun strategi untuk memecahkan masalah. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan si kecil untuk menyusun dan merencanakan strategi untuk memecahkan masalah, dan tentunya hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

6. Ajarkan si Kecil untuk hidup mandiri

Bunda, hidup mandiri sangat penting bagi setiap orang termasuk si kecil. Ajarilah si kecil untuk mandiri. Tidak perlu langsung ke hal yang besar, mulailah dari hal yang kecil. Seperti mengajarkan si Kecil untuk memakai pakaian sendiri, mengikat tali sepatu dan sebagainya. Karena dengan diajarkan mandiri sejak dini, tingkat kemanjaan si Kecil akan berkurang dan ini akan sangat berpengaruh besar bagi si kecil kelak saat menginjak masa remaja maupun dewasa.

Selain hal-hal yang saya jelaskan diatas, tentunya bunda lah yang harus bertugas untuk menjaga, mengawasi dan membimbing si kecil. Beri si Kecil makanan dan minuman yang bergizi. Sebaiknya kurangi makanan instan dan jajanan-jajanan, karena sebagus dan seenaknya makanan dan minuman instan, masih tetap lebih baik makanan yang dibuat sendiri.

Jadi kesimpulannya, si Kecil tidak akan bisa menjadi pemimpin yang baik dan hebat tanpa dukungan dan kasih sayang Bunda.