Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Pemimpin Kecil dan Orangtuanya Peroleh Bekal dari Nutrisi Untuk Bangsa

Oleh Ani Berta 20 Oct 2013

17 Oktober 2013 lalu, member Nutrisi Untuk Bangsa memperoleh pembekalan ilmu bermanfaat melalui workshop dengan tema mendukung tumbuh kembang anak untuk menjadi “pemimpin kecil” di Kidzania Jakarta. Acara yang dikemas sangat menyenangkan. Para orang tua menyimak paparan narasumber, anak-anak sibuk bermain mencoba berbagai wahana profesi yang penuh edukasi di sana.

Workshop menampilkan beberapa panelis, diantaranya Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psikolog Anak dan Keluarga, Astrid Wiliandry, Brand Director New Categories Sarihusada, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB, Prof.Dr.M.Juffrie, PhD.Sp.A (K), Spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada dan Melanie Putria, Ibu dan mantan Putri Indonesia 2002. Dengan Moderator Nadia Mulya.

Pada wrrkshop ini, bukan hanya dibahas bagaimana menstimulasi perkembangan si kecil agar lebih peka terhadap lingkungannya, tapi menelisik perilaku para orangtua, khususnya para ibu yang lebih banyak berinteraksi bersama anak di rumah. Para ibu dihadapkan dengan berbagai tantangan untuk mempersiapkan sejak dini, agar kelak anak-anaknya menjadi pemimpin masa depan berkualitas. Ternyata, perilaku para ibu dalam upaya menyediakan nutrisi adalah merupakan elemen penting bagi anak-anak, karena dalam usia keemasan anak memerlukan sumber energi dan berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

Anna Surti membeberkan bahwa ibu di rumah, bukan hanya meningkatkan pola asuh yang baik saja tetapi memberikan nutrisi yang baik dan berkualitas pun sangat diperlukan.

Dikatakan Astrid Wiliandry “Dukungan pemberian nutrisi pada anak, bukan sekadar memberi dukungan tumbuh kembang anak secara menyeluruh saja, namun mengoptimalkan kecerdasan otak anak juga.”

Semakin hari semakin bertambah persaingan yang terjadi untuk kelak si kecil meraih impiannya, maka sejak dini para ibu diharapkan lebih cerdas dalam menyediakan nutrisi penting bagi perkembangan otak si kecil. Sekarang sudah banyak produk yang terjangkau masyarakat luas sebagai sumber nutrisi.

Dalam kesempatan tersebut, Sarihusada meluncurkan produk Vitalac 5-Star Nutri, yang telah melalui proses penelitian dengan dukungan teknologi canggih serta tenaga ahli terpercaya di Utrecht, Belanda. Dengan dukungan Early Life Nutrition, 5 Star Nutri  diformulasikan mengandung karbohidrat, protein, lemak, 11 vitamin dan 8 mineral yang dapat memberikan manfaat bagi kecerdasan, tulang, penglihatan, energi dan daya tahan tubuh. Jadi si kecil bisa konsentrasi jika sedang belajar.

Seperti dikatakan Prof. Hardinsyah bahwa produk gizi untuk anak harus didukung dengan penelitian secara menyeluruh sebelum diprodksi secara massal. Agar kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak. “Research Center di Utrecht  memiliki  kredibilitas dalam teknologi, perlengkapan serta dukungan parra ahli di bidang early life nutrition.” Kata Hardinsyah.

Melanie Putria berbagi tips dan cerita saat mendidik putera –puterinya. Melanie menyapih saat anak-anaknya berusia 3 tahun. Setelah akhir masa ASI Eksklusif, Melanie mencari produk yang cocok dan berkualitas bagi anak-anaknya. Melanie yang punya segudang aktivitas juga sering memanfaatkan waktu senggang bersama keluarga, agar dalam kebersamaan dengan keluarga bisa jadi ajang pengawasan bagi perkembangan anaknya.

Setelah para orangtua kenyang dengan asupan ilmu serta wawasan di ruangan Metropolitan Theatre Kidzania, kami menyantap makan siang bersama sambil membahas lagi ilmu yang telah didapat. Selesai makan, kami dan anak-anak melanjutkan ke arena-arena permainan lagi, mencoba segala profesi, seperti dokter, pengacara, jurnalis, pembuat kue, dan masih banyak lagi. Dngan demikian, anak-anak bisa merasakan bagaimana kelak profesi-profesi tersebut untuk dijalani di masa datang. Tentu saja pengetahuan ini sangat bermanfaat dan akan tertanam sampai anak dewasa.

Sedang
Ibu

Saya salut sama tim kreatif, dan Sarihusada yang memberikan kontribusi untuk memberi pengetahuan yang tidak tanggung-tanggung bagi masyarakat luas. Kami semua happy. Terima kasih Nutrisi Untuk Bangsa.

Sebagian
Sebagian

Acara keren, bikin happy dan tak terlupakan, Walk This Way  :)