Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Pengalaman: Kebiasaan Balita yang Aneh

Oleh hdpra13 27 May 2014

Setelah lahirnya keponakanku di rumah terasa ramai, penghuni rumah menjadi bertambah. Semakin dia bertumbuh besar semakin lucu dan menggemaskan tetapi kenakalannya bertambah pula.

Waktu itu aku bermain game online sampai dini hari. Aku mendengar di kamar kakak, keponakan saya menangis rewel. Aku kira dia rewel karena sebelum tidur keponakanku bersama kakaknya bercanda terlalu berlebihan, jadi kalau malam waktu tidur suka rewel. Hal itu kan sudah hal biasa bagi para ibu yang sudah memiliki anak.

Keponakan ku itu bernama Fadil, nah si Fadil lama kelamaan nangisnya kok makin kencang. Sampai kakakku bingung, ditambah pula waktu itu sudah dini hari, dan rasa kantuk pun sudah tak tertahankan. Tetapi demi anak yang rewel, dia bangun, dan Fadil di gendong keluar kamar agar nangisnya berhenti.

Akhirnya Fadil minta digendong oleh pengasuhnya, dan kerewelannya semakin menjadi, mulai dari minta makan sampai minta ketemu papanya. Setelah itu si Fadil bilang ke pengasuhnya kalau dia kebelet buang air besar dan minta di temanin oleh Sang Bunda.

Keponakan saya itu kalau mau buang air besar harus ditemani Sang Bunda, karena dia termasuk anak yang rewel dalam melakukan hal tersebut yang bersifat privasi.

Fadil tidak suka kalau di kamar mandi ada sikat toilet. Kamar mandi harus bersih dan harus wangi. Kalau hal itu tak terpenuhi, dia akan rewel, nangis, marah sampai tidak mau buang air besar. Jadi misalnya ada sikat toilet tergeletak di samping toilet, sikat tersebut harus disembunyikan dulu di dalam kantong kresek atau sikat tersebut disimpan di tempat yang jauh dari pandangannya.

Kebiasaan aneh balita yang masih berumur 3.5 tahun jika dibanding balita lainnya. Terkadang mamanya repot juga jika harus mengecek toiletnya bersih atau tidak, padahal toiletnya selalu bersih tetapi Fadil kadang tidak percaya kalau toilet tersebut itu sudah bersih. Fadil terus memastikan kalau toilet tersebut benar-benar bersih dan tidak ada sikat toilet di sampingnya.

Kembali ke cerita kerewelan Fadil di malam hari itu.

Ternyata permasalahannya adalah Fadil makan sore terlalu banyak, sehingga dia merasa perutnya penuh dan merasa ingin buang air besar pada dini hari. Mengetahui hal itu, Sang Bunda langsung mengoleskan minyak telon di perut dan punggung untuk meredakan rasa begah agar dia merasa hangat dan nyaman seperti pelukan Sang Bunda ketika tidur.

Tak lama kemudian Fadil tertidur pulas tidak rewel dan menagis lagi. Demikian cerita dari saya tentang Sang bunda kakak saya dengan Buah Hati tercinta, keponakan tersayang Fadil.

#PasNganggur #PasNganggur