Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Pengalamanku Sebagai Peran Ibu Untuk Pemimpim Masa Depan

Oleh Sumiyati Sapriasih 24 Sep 2013

Ilmu sangat bermanfaat dan berguna bagi bangsa, oleh sebab itu tanamkan sejak kecil kepada anak kita untuk belajar mandiri, disinilah pentingnya peranan ibu dalam memberikan nutrisi dan stimulasi yang tepat sejak dini untuk menjadi Pemimpin Masa Depan karena di era globalisasi generasi mendatang dituntut untuk mampu bersaing demi kemajuan bangsa.

Sejak bayi gizi yang tepat adalah Air Susu Ibu selama 6 bulan, setelah itu beri tambahan nasi tim dengan campuran telur, hati dan sayuran sebagai sumber protein yang telah dilumatkan. Untuk menjadikan tumbuh kembang anak, peran ibu sangat dibutuhkan seperti menemani bermain, menjaga kesehatannya, mengatur dan memberi nutrisi, karena jika menu tidak seimbang maka anak akan lemah, mudah mengantuk, kurang aktif, mudah sakit, gangguan kecerdasan dan gangguan pertumbuhan fisik.

Karaktek kepemimpinan dapat dilatih dan dibentuk sejak dini, sebagai ibu kita bisa berdiskusi hangat dalam kehidupan sehari-hari misalnya anak sedang mengalami kesulitan mengerjakan pelajaran sekolah kita dapat membantunya, dan bila anak kita salah bertindak, kita dapat menegur dengan langsung jangan ditunda atau dibiarkan saja. Sesering mungkin ajak anak kita untuk berdiskusi, sebagai contoh aku punya pengalaman dengan anakku ketika dia memasuki kuliah, dia selalu minder karena teman mahasiswa lainnya hanya ingin berteman dengan orang kaya atau berkendara saja, dan hampir saja anakku tidak mau melanjutkan kuliah lagi, saya tanya anakku, kamu mau jadi apa jika tidak akan melanjutkan kuliah?

Anakku menjawab : ingin loper koran saja, dengan mengusap dada aku menjawab, nak … boleh-boleh saja kamu jadi loper koran tidak ada salahnya, tetapi …. 5 tahun kedepan apakan kamu bisa bertahan hanya mengandalkan loper koran saja, jangan berkecil hati biarkan saja jika teman si A atau si B tidak ingin berteman denganmu, kan masih banyak mahasiswa lainnya :). Akhirnya dengan berdiskusi kita dapat menemukan solusi dan kini anakku telah mendapatkan gelar Sarjana Saint Terapan tinggal tunggu wisuda bulan Nopember 2013 yang akan datang.

Pemimpin bangsa adalah seseorang yang mampu menggerakkan rakyat banyak untuk melalukan kegiatan terencana dengan visi untuk melakukan perubahan nyata kearah kehidupan bersama.

Untuk menjadi pemimpin harus mempunyai 6 karakter yaitu :

1. Jujur dalam arti kepemimpinan harus punya competency, pintar dan jujur.

2. Adil merupakan suatu hal yang abstrak yang berpegang pada kebenaran dan tidak sewenang-wenang.

3. Tanggung jawab yaitu menanggung segala sesuatu yang telah dialami atas kesadaran terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yang disengaja ataupun tidak disengaja.

4. Toleransi yaitu sikap dan perbuatan yang tidak menyimpang aturan dimana seseorang menghargai atau menghormati setiap tindakan yang orang lain lakukan.

5. Rasional yaitu pendapat menurut pikiran dan pertimbangan yang sehat dan masuk akal.

6. Pemberani yaitu orang yang sangat berani mengemukaan pendapatnya.

Menjadi pemimpin dambaan setiap insan oleh sebab itu peran ibu sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak karena ibu masa kini tidak hanya berkeinginan anaknya menjadi sehat namum berkeinginan anaknya menjadi seorang pemimpin dengan prestasi da kesuksesan dimasa depan. Oleh sebab itu ibu yang moderat, suka berdiskusi akan menghasilkan tumbuh kembang anak menjadi cerdas, komunikatif, percaya diri, semangat tinggi, dapat mengatur diri sendiri dan mampu bekerja sama itulah PEMIMPIM MASA DEPAN YANG BERKUALITAS

By. Sumiyati Sapriasih