Pentingnya Mengonsumsi Sayur dan Buah Secara Rutin

Oleh Nutrisi Bangsa 20 Jun 2013

inmagine.com 

Sahabat nutrisi

Sayur dan buah merupakan jenis makanan yang harus ada setiap hari. Mengapa? Karena aneka buah dan sayuran segar mengandung sumber serat, berbagai vitamin, antioksidan serta mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Akan tetapi, sayang sekali masih banyak orang, terutama anak-anak, yang tidak menyukai sayur dan buah. Padahal menurut The National Health and Medical Research Council (NHMRC) di Australia, setiap hari setidaknya kita mengonsumsi 5 jenis sayuran dan 2 jenis buah-buahan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berikut berapa alasan pentingnya mengonsumsi sayur dan buah secara rutin:

1. Melindungi kesehatan
Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, melancarkan sistem pencernaan, membantu meningkatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang dan gigi.

2. Melawan Penyakit
Fitokimia, atau senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman, yang terkandung dalam sayuran dan buah, sangat penting untuk melawan berbagai jenis penyakit. Fitokimia biasanya terkait dengan warna, seperti:
- Hijau, berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh
- Kuning dan oranye mengandung berbagai antioksidan seperti vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid.
- Merah, mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
- Biru dan Ungu mengandung berbagai antioksidan yang melawan penuaan dini.
- Putih dan coklat mengandung fitokimia untuk kebugaran tubuh.

3. Sumber Energi
Buah dan sayuran merupakan sumber energi alami yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang sangat sibuk dan memerlukan makanan bergizi.

4. Memperlancar Pencernaan
Tingginya serat alami dalam sayur dan buah menyebabkan proses metabolisme berjalan lancar. Sehingga proses pembuangan kotoran tubuh menjadi mudah. Kandungan serat dalam buah juga menghambat proses penyerapan gula dan lemak yang buruk dalam saluran cerna.

5. Mencegah Obesitas
Kalori yang rendah dan serat yang tinggi dalam buah dan sayur dapat membantu mengendalikan berat badan dan mencegah kegemukan (obesitas).

Bagaimana sahabat nutrisi? Masih tidak suka sayur dan buah?

1 Komentar

01 Dec 2014 13:25

Masyarakat Indonesia terkenal dengan sifat konsumtif, tetapi kenapa tak konsumtif beli buah dan sayuran? Mereka lebih memilih konsumtif beli makanan sampah dan cepat saji.