Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Penyebab Sembelit Pada Balita

Oleh Nutrisi Bangsa 28 Nov 2013

 Sahabat nutrisi,

Selain demam, batuk, pilek serta diare, sembelit juga merupakan masalah yang umum dialami balita. Terutama mereka yang banyak mengonsumsi jenis makanan yang minim serat

Tentu saja gangguan ini akan membuat balita merasa tidak nyaman, bahkan merasa kesakitan setiap kali harus buang air besar. Sehingga seringkali akhirnya mereka menahan dan mengakibatkan sembelit semakin parah.

Untuk mencegah sembelit, mari kita batasi makanan berikut:

Susu, kendati susu sangat disukai balita dan kandungan nutrisinya sangat baik, namu ternyata susu merupakan salah satu penyebab sembelit pada anak dan balita. Selain kandungan serat pada susu sangat rendah, anak yang mengalami alergi protein susu biasanya akan mengalami kesulitan BAB.

Yoghurt, karena terbuat dari susu, maka yoghurt juga dapat menyebabkan sembelit.

Keju, sama seperti susu dan yoghurt, terlalu banyak mengonsumsi produk ini juga dapat menyebabkan sembelit.

Nasi putih, mengandung serat yang sedikit, sehingga anak yang lebih banyak mengonsumsi nasi putih umumnya akan mengalami sembelit. Sebisa mungkin gantilah nasi putih dengan nasi merah yang kaya akan serat.

Wortel yang dimasak. Kendati wortel adalah jenis sayuran yang disukai orangtua untuk makanan si kecil, ternyata wortel yang dimasak dapat menyebabkan sembelit.

Pisang, pisang termasuk dalam BRAT atau bananas, rice, applesauce and toast, yang memang direkomendasikan untuk mengatasi diare pada anak dan dewasa, sehingga dapat dipastikan pisang dapat memicu sembelit

Sembelit dapat dicegah dengan memastikan anak mengonsumsi banyak serat dan air putih. Jangan lupa ya!

Sumber: Kompas Health