Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Peran Ibu Untuk Si Pemimpin Kecil

Oleh nitabcd 06 Oct 2013

Orang tua yang baik adalah orang tua yang memperhatikan tumbuh kembang anaknya baik secara fisik maupun mental. Untuk pertumbuhan fisik, tentu mereka akan memberikan nutrisi yang cukup dan menjaga mereka agar tidak mudah terkena penyakit seperti memberikan makanan sehat empat sehat lima sempurna, vitamin, dan lain sebagainya. Sedangkan secara mental, mereka bisa mengenalkan sifat-sifat baik seperti sifat kepemimpinan.

 Di era globalisasi seperti sekarang, sifat kepemimpinan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, peran orang tua di sini sangat penting untuk mengenalkan kepada meraka apa saja sifat yang dibutuhkan dan memupuk sifat itu kedalam pribadi anaknya supaya mereka bisa bersaing sekarang dan kelak di kemudian hari. Sifat kepemimpinan diantaranya adalah berani, empati, inisiatif, kritis, dan lain-lain.

 Lalu, bagaimana peran orang tua terutama ibu dalam mempersiapkan sang calon pemimpin? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

 1. Memberikan Tontonan yang Mengenalkan Sifat Kepemimpinan

Anak-anak adalah peniru yang baik. Mereka cenderung menirukan apa yang dilihatnya. Peran ibu di sini adalah memastikan bahwa input yang diterima anak adalah input yang baik serta memberikan motivasi untuk bertindak baik bagi anak. Sebagian besar input yang diterima anak didapat dari menonton, baik dari kartun favorit mereka, acara tv, bahkan video. Ibu dapat memberikan tontonan-tontonan menarik yang mengandung banyak sifat positif khususnya sifat kepemimpinan. Setelah anak menonton, pastikan ibu membahas cerita dan apa yang bisa diambil dari apa yang telah ditonton. Dijamin anak akan mengingatnya.

 2. Membuat Aktifitas Belajar

Setelah input, hal yang harus dilakukan adalah praktek. Ibu dapat bermain game dengan anak di mana game tersebut memberikan kesempatan anak untuk berlatih sifat-sifat baik seperti disiplin, berani mengutarakan pendapat, berani, dls.

 3. Jangan Bosan untuk Memotovasi Anak

Setelah menyediakan input dan aktifitas yang baik untuk menciptakan sifat kepemimpinan, ibu juga harus terus memotivasi mereka dengan memberikan kisah inspiratif dan pengalaman-pengalaman sukses para tokoh yang memiliki sifat ini.

Dari tiga cara di atas: input, praktek, dan dorongan mental, semoga bunda dapat berperan maksimal dalam perkembangan sifat kepemimpian sang buah hati ya.