Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Peranan ibu bagi si pemimpin kecil

Oleh nurul izzah ayu wardani 23 Sep 2013

Ibu adalah teladan bagi anak dan pembimbingnya dalam kehidupan. Anak menjadikan perilaku dan tutur kata ibunya sebagai teladan. Seorang anak membutuhkan gambaran yang jelas tentang kehidupan dan sudah tentu ibu adalah orang pertama yang memberikan penjelasan ini kepadanya.
Ibu adalah orang pertama yang dilihat oleh bayi ketika membuka matanya. Kata pertama yang didengarnya juga berasal dari ibu. Anak lahir ke dunia lewat ibunya dan benaknya masih kosong dari segala bentuk gambaran tentang dunia. Lewat ibu dan orang-orang yang dekat dengannya, anak mengenal kehidupan.
Pendidikan anak merupakan bagian dari kehidupan paling penting seorang ibu. Tentu saja yang dimaksud adalah ibu yang mengerti akan pentingnya pendidikan dan perannya dalam membangun sejarah. Prinsip paling penting dalam hubungan seorang ibu dan anak adalah hubungan pendidikan. Dari sini seorang ibu yang berhasil adalah yang mampu mengalihkan warisan kebudayaannya kepada generasi baru dan mempersiapkannya untuk kehidupan di dunia yang akan datang.
Mendidik Lewat Perilaku
Bayi sepanjang beberapa tahun senantiasa berada di rumah. Ia mulai belajar bagaimana hidup dengan melihat, mendengar, memegang, memakan, menggunakan sesuatu, duduk, berdiri, jalan dan berbicara. Tapi yang paling berpengaruh bagi anak adalah menyaksikan perilaku dan cara hidup ibunya. Artinya, ibu tidak banyak mengajar anaknya lewat lisan, tapi lebih pada perilaku dan bagaimana kesehariannya.

Anak di rumah harus mempelajari banyak prinsip kehidupan baik individu dan sosial. Tapi anak biasanya lebih bersandar pada sisi yang lebih sering dilihatnya di rumah, sementara yang terjadi di luar lebih sedikit. Ia harus belajar tata krama dalam kehidupan individunya seperti kebersihan, waktu tidur, istirahat dan lain-lain. Begitu juga terkait kehidupan sosial. Anak harus berlajar menghormati orang lain, bersikap baik, bagaimana berlaku di hadapan orang lain, berbicara yang baik dan lain-lain.

Anak juga harus diajarkan untuk bertanggung jawab dengan memberikan kerjaan di rumah dengan memperhatikan usianya. Hal ini akan memunculkan kesiapan bagi dirinya untuk menerima tanggung jawab di tengah masyarakat. Anak harus diajarkan untuk disiplin dengan memperhatikan waktu kerja, bermain, istirahat, tidur, memutuskan sesuatu dan lain-lain.

Perlahan-lahan anak tumbuh menjadi besar dan ruang lingkup hubungannya dengan orang lain semakin luas. Dengan demikian, sangat penting memperhatikan prinsip untuk kehidupan seorang anak. Anak perlahan-lahan mengenal dunia yang lain. Dunia yang akan dimengertinya lewat guru, silaturahmi, membaca dan lain-lain. Semakin luas informasinya, maka hubungannya juga akan semakin luas. Seorang ibu harus mempelajari prinsip-prinsip ini untuk mengontrol pendidikan anaknya dan ibu mendidik anaknya sesuai dengan pertumbuhan dan usianya.