Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Perhatiin bunda lagi hamil ya?

Oleh Erni Rukmana 10 Feb 2012

Bunda adalah sosok wanita yang hebat dan mempunyai ketahanan tubuh yang kuat. Bunda selalu berkorban kesehatannya demi suami dan anaknya. Contohnya saja dalam pembagian makanan, bunda pasti mengutamakan suaminya walaupun bunda sedang hamil padahal bunda butuh asupan yang lebih dari kondisi normal.

Pahlawan yang diinginkan seorang laki-laki adalah bunda. Karena itu, kesehatan bunda harus diperhatikan. Suami berperan penting dalam kesehatan bunda. Kalau bunda sehat, suaminya pun ikut sehat.

Variable utama adalah kesehatan bunda. Jika  bunda sakit, siapa yang akan  mengurus suami dan anaknya? Jika bunda hamil pun juga kasian pada bayi yang dikandung. Untuk itu kita harus sayang bunda yang terkadang  merelakan  kesehatannya untuk kita.

Dari data Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada 2010 mencatat, angka kematian ibu hamil di Indonesia tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Dengan jumlah menembus angka 228 dari 100.000 kelahiran hidup Ada 13 provinsi yang memiliki angka kematian ibu amat tinggi, di antaranya Papua dan Nusa Tenggara Timur. Oleh karena itu, kita harus memberi perhatian lebih pada ibu hamil. Kebutuhan gizi ibu hamil dua kali lipat dari kebutuhan gizi normal, karena bunda memberi kebutuhan untuk bayi yang berada dalam kandungan.

Kebutuhan apa saja yang harus diperhatikan bunda saat hamil?

Kebutuhan protein dibutuhkan bunda saat hamil seperti seafood dan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat mendukung perkembangan otak bayi. Pedoman diet 2010 di Amerika, merekomendasikan 8-12 ons makanan laut dalam seminggu sekitar dua kali makan rata-rata. Sumber protein seperti telur juga baik untuk bunda.

Karbohidrat merupakan sumber utama tubuh yang menyediakan energi. Biji-bijian seperti gandum dan produk olahan lain tidak hanya mengandung karohidrat tapi juga mengandung serat, zat besi, vitamin B, berbagai mineral dan sedikit protein. Roti dan sereal memberikan asupan asam folat yang cukup.

Buah dan sayuran merupakan komponen penting dari nutrisi kehamilan, karena menyediakan berbagai vitamin dan minertal, serta serat untuk memnatu pencernaan. Vitamin c, dalam buah dan sayur dapat membantu menyerap zat besi dan meningkatkan kesehatan gusi bunda dan bayi. Sayuran hijau memiliki vitamin A, zat besi dan folat yang merupakan nutrisi penting lainnya selama kehamilan.

Kalsium dalam produk susu membantu tulang bayi dan gigi. Produk susu juga memiliki vitamin D dan protein. Ayo bunda minum susu untuk kesehatan bunda dan si buah hati.

Nutrisi untuk ibu hamil tidak hanya diketahui bunda saja, ayah pun wajib untuk mengetahui nutrisi yang tepat untuk bunda. Tidak hanya nutrisi saja yang berubah, psikologi bunda pun berubah. Untuk itu dukungan ayah dan keluarga sangat penting.

Yang paling  berpengaruh psikologi pada bunda adalah stress. Stress pada kehamilan pertama lebih besar, mungkin psikologi ayah pun ikut. Kadang bunda tak mau makan dan merasa lelah disini dukungan ayah sangat penting. Jangan membiarkan bunda sendiri ke rumah sakit atau kepuskemas. Ayah harus meningkatkan komunikasi dan memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan bunda.

Dunia internet mulai menyebar, ayah dapat dengan mudah mendapatkan informasi kesehatan tentang ibu hamil. Jangan hanya memperhatikan kehamilan pertama saja, kehamilan kedua ketiga  juga sama. Perhatian asupan nutrisi dan perhatian kasih sayang mendukung kesehatan bunda pada waktu kehamilan.

Sumber:

  1. Mayo Clinik. Healthy Pregnancy. Terdapat pada: URL: http://www.mayoclinic.com/health/pregnancy-week-by-week/MY00331 diakses 4 Februari 2012

 2. Yunita Lily, SST. Perubahan Dan Adaptasi Psikologis Dalam Kehamilan(pdf). Diakses  pada 4 Februari 2012

3. Anonim. Ibu Hamil, Ayo Melek Gizi (Artikel). Februari 2012. Terdapat pada: URL: http://health.okezone.com/read/2012/02/03/483/568748/ibu-hamil-ayo-melek-gizi

2 Komentar

Erni Rukmana

23 Feb 2012 10:02

Hu'um..udah..hehe telat bales

Nutrisi Bangsa

12 Feb 2012 05:43

Hai, jangan lupa kirim data ke admin@nutrisiuntukbangsa.org ya :)