Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Persiapan Dana Acara 7 Bulanan Mama

Oleh caroline adenan 14 Feb 2014

Dear Diary ...

Membaca beberapa diary #7BulananMama di www.NutrisiUntukBangsa.org bahwa acara 7 Bulanan Mama membutuhkan dana yang tidak sedikit, banyak persiapan yang harus dilakukan loh. Oya, bagi yang belum tahu, 7 Bulanan dalam bahasa Jawa biasa disebut Mitoni :)

Dalam adat Jawa, acara 7 Bulanan Mama terhitung Sakral loh dan harus sesuai dengan urutan, jadi terkadang ada EO yang mengurus semuanya karena agak “ribet”, kenapa “ribet”, bayangin aja, acara 7 Bulanan Mama bisa memakan waktu lama, mulai dari Sungkeman dengan orang tua, Siraman, Belah Kelapa, Pecah Telor, Potong Tali, Minum Air Kelapa, acara gelundungun kelapa, acara pantes-pentesin kain batik, Ngangrem Ayam (jadi ayam), Jualan Rujak sampai Potong Tumpeng, gimana “ribet” gak :)

Makanan

Nah, waktu saya datang ke acara 7 Bulanan Mama dari adik saya, acaranya gak sepadat itu, namun di pilih yang penting-penting saja, karena memang pertimbangan dari sisi dana yaitu Siraman, Belah Kelapa, Minum Air Kelapa, Potong Tumpeng dan yang terakhir Pengajian.
Buat yang lagi mau mengadakan 7 Bulanan Mama, kira-kira perhitungannya seperti dibawah :

- Untuk acara Siraman, biasanya ada beberapa bridal yang mau menyewakan peralatan untuk 7 Bulanan Mama, dan umumnya paketan mulai dari gentong, gayung, bunga, kursi. Untuk budget sekitar 1.5jt

Siraman

- Untuk Belah Kelapa, simple sih cuma butuh 2 kelapa dan golok pastinya, kalau gak mau ribet bisa pesen sama pak Ustad, biasanya pak Ustad punya chanell untuk Kelapa yang digambar. Untuk budget sekitar 50rb

- Untuk Tumpeng, coba cari dekat rumah, pasti ada kok tetangga yang biasa bikin tumpeng. Untuk budget sekitar 250rb

- Untuk pengajian, pastinya nanti pulang akan dibawakan “besek” atau biasa dikenal dengan makanan yang sudah dimasukkan kedalam plastik untuk yang mengikuti pengajian. Bisa juga kita mengundang anak-anak Yatim Piatu atau kalau ada pengajian ibu-ibu dirumah, bisa mengundang ibu-ibu. Untuk jumlah orang, sesuaikan dengan besar rumah, konsepnya yah makin banyak yang mendoakan akan makin berkah :) Nah untuk budgetnya, sesuai dengan jumlah orang yang diundang, kalau mengundang 20 orang, kita memesan paket nasi yang harganya 25rb, sekitar 500rb

- Paket Nasi untuk tetangga. Gak semua tetangga bisa datang ke acara 7 Bulanan Mama, mungkin dikarenakan waktu. Usahakan untuk memberikan paket nasi ke tetangga bagi yang tidak bisa hadir ke acara, dan jangan lupa di dalam nasi boxnya di beri print out untuk acara apa nasi boxnya, supaya mereka aware :)

Kalau dijumlahkan rata-rata untuk acara 7 Bulanan Mama memakan dana sekitar 3-5 juta, bahkan ada yang sampai 15 juta, tergantung pinter-pinternya kita menyiasati acara yang mau dilakukan :) Gimana tertarik mau buat acara 7 Bulanan Mama ? :)

Jangan lupa untuk ikutan lomba Diary Competition #7BulananMama ya :)
 

Diary