Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Perubahan Fisik Bumil di Usia Kehamilan 7 Bulan

Oleh caroline adenan 17 Feb 2014

Dear Diary ...

Gimana persiapan 7 Bulanan Mama ? mulai dari yang membutuhkan dana atau non dana, sudah dihandle semua kan :) Nah setelah urusan-urusan itu sudah selesai, yang terpenting adalah persiapan fisik ibu yang biasa aku sebut kontrol dokter :) Saat ini, usia kehamilanku sudah mencapai 39 minggu, dan HPL (Hari Perkiraan Lahir) yang diberitahukan dokterku adalah 24 Februari 2014, namun waktu usia kandunganku baru 7 Bulan atau sekitar 28 Minggu, aku masih ingat betul bagaimana perubahan fisik yang aku alami.

Oline

Dengan segala kesibukanku sebagai Fashion Designer dengan Brand AuraBatik, aku tetap memperhatikan beberapa perubahan dari tubuhku seperti :

1. Rahim

Di 7 Bulanan Mama, otomatis ukuran perut akan menjadi lebih besar, nah tau gak cara untuk mengukur puncak rahim ? Ternyata caranya simple banget, cuma dengan meletakkan 3 jari dengan posisi melintang atau kalau pakai penggaris sekitar 28 cm dari tulang kemaluan, simple kan :)

2. Payudara

Seiiring denganĀ  perkembangan janin, terjadi pembesaran pula disekitar kantung air susu, selain itu daerah disekitar (maaf) puting menjadi semakin hitam (aku ingat kok, kata dokter warna hitam ini normal)

3. Kulit

Nah kulit akan terasa lebih kering, dan pastinya daerah bagian bawah perut atau dekat pusar meregang (ini normal juga kata dokterku), nah karena itu terasa gatal, bawaannya waktu itu mau aku garuk terus. Tapi tenang, untuk mengatasinya ternyata gampang, cuma dengan mengoleskan baby oil aja.

Gimana ibu-ibu hamil yang lain, apakah merasakan hal yang sama seperti aku saat usia kehamilan 7 Bulanan Mama :)

Jangan lupa untuk ikutan lomba Diary Competition #7BulananMama ya :)

Diary