Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Pesona Ikan Kakap Merah dan kandungan Gizinya

Oleh Nuuii 22 May 2013

Terlahir di Pekalongan, kota kecil di Jawa Tengah yang terletak di pesisir pantai utara (Laut Jawa) membuat sedari kecil saya terbiasa untuk mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar dari hasil laut. Berbagai jenis ikan, sotong (cumi-cumi) atau udang adalah menu harian yang biasa disajikan di atas meja makan keluarga kami. Dulu saya sempat iseng bertanya kenapa memilih ikan atau hasil laut sebagai lauk untuk makan? Alasan beliau sangat sederhana. karena wilayah tempat tinggal kami yang tak jauh dari laut maka alasan utamanya adalah karena Ikan Laut mudah didapat, relatif lebih murah dibandingkan daging sapi atau kerbau serta kandungan gizi dan Omega-3 yang ditawarkan oleh ikan juga tinggi. Dari berbagai jenis ikan seperti ikan Tuna, Ikan Kuwe, ikan Baronang, Ikan Kerapu dan Ikan Kakap, yang terakhir adalah favorit saya. ya saya sangat suka Ikan Kakap, baik itu kakap putih atau kakap merah :)

Entah karena memang suka atau karena sugesti, sup kakap merah adalah obat mujarab bagi saya ketika kondisi badan sedang tidak sehat. Sup kakap merah denga cabe rawit merah (cabe rawit jawa) yang dibiarkan utuh seperti memompa adrenalin supaya terus-terusan makan, efeknya badan pun menjadi lebih sehat karena mendapat asupan makanan. Cara membuat Sup Kakap merah relatif mudah, kuncinya masakannya ada pada jahe karena biasanya orang tidak terlalu suka makan sup ikan kakap karena amis, tapi dengan jahe dijamin rasa anyir atau amisnya hilang tapi citarasa ikannya tetap terasa segar :)

Dibawah ini adalah gambar Ikan Kakap Merah yang saya temui ketika sedang berkunjung ke Pantai Karang Taraje di Sawarna Banten. Melihat Ikan yang besarnya hampir mencapai 15 kg yang baru diangkut nelayan dari laut ini mengingatkan saya akan resep Ibu dirumah Sup Kakap Merah favorit saya, yuk intip bahan-bahan dan cara membuatnya, barangkali ketika waktu senggang ingin mencoba dan mempraktekkannya bersama keluarga :)

Bahan membuat sup ikan kakap :

  • 500 gr ikan kakap
  • 3 buah tomat hijau (potong dadu)
  • 6 buah cabai rawit merah utuh
  • 1 batang daun bawang
  • 3 cm jahe (memarkan)
  • 4 siung bawang putih (iris tipis)
  • 8 buah bawang merah (iris tipis)
  • 3 buah cabai merah (memarkan)
  • 2 sdt air jeruk nipis
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1500 ml kaldu ikan
  • 1 sdm garam
  • 3 lbr daun jeruk
  • 1 ikat daun kemangi (ambil daunnya)

Cara membuat sup ikan Kakap :

  1. Potong ikan kakap dalam berbagai bagian, ingat jangan terlalu kecil karena dikuatirkan akan hancur ketika kita merebusnya, pisahkan kepalanya (kepala ikan kakap bisa juga diolah dengan bumbu gulai asam padeh khas padang)
  2. Didihkan kaldu ikan, jahe yang sudah dimemarkan, bawang merah, bawang putih, daun jeruk dan tomat. biarkan sampai mendidih.
  3. Masukkan ikan kakap merah kedalam panci, masak sampai berubah warna.
  4. Masukan garam, kecap ikan, air jeruk nipis, cabai rawit dan cabai merah.
  5. Masukkan daun bawang dan daun kemangi. Masak sampai mendidih kemudian sajikan.

Resep diatas disajikan untuk porsi 4 orang dan biasanya saya yang mendapat jatah paling banyak :D sayangnya saat menulis postingan di blog ini saya tidak punya koleksi foto hasil masakannya karena saya lupa membawa HD external yang berisi koleksi foto-foto saya :( Next time ketika masak Sup Ikan Kakap merah lagi harus buat postingan khusus nih *niat* :D

Kakap Merah Kakap Merah3

Saking suka dan cintanya dengan Ikan kakap Merah saya berusaha mencari kandungan gizi yang terdapat dalam Ikan tersebut, menurut situs pemalang online Ikan Kakap Merah Kaya Sumber Selenium. mengandung sekitar setengah dari nilai harian selenium yang dibutuhkan tubuh. Dalam 3 Ons Ikan Kakap merah mengandung 32,5 mcg mineral Sumber Selenium penting untuk mencegah oksidasi lemak. Ikan Kakap Merah juga merupakan Sumber Fosfor sekitar 20 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Sajian dalam 3 Ons Ikan Kakap merah mengandung 168 mg mineral. Fosfor adalah nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh dalam pembentukan tulang, makanya biar nga terkena osteoroposis harus banyak mengkonsumsi ikan kakap merah. Ikan Kakap Merah juga termasuk Sumber Protein yang penting karena kakap merah mengandung sekitar 33 persen dari nilai harian protein yang direkomendasikan. dalam ikan kakap merah seberat 3 Ons terdapat 17,4 mg Protein. Protein dibutuhkan untuk menghasilkan energi, hormon, enzim dan antibodi jaringan. Ikan Kakap merah Mengandung Vitamin D Dalam 3 Ons daging Kakap merah mengandung 347 unit internasional vitamin. Vitamin D penting untuk metabolisme kalsium yang membantu menjaga kesehatan tulang.

FA-Poster-Event-Sarihusada-40cm-x-60cm-R3-682x1024

Nah, banyak sekali kandungan gizi yang terdapat dalam ikan kakap khan? maka dari itu jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan kakap, jika takut dengan aroma anyir atau amis yang biasanya ditimbulkan ketika kita mengolah ikan, jahe dan jeruk nipis adalah solusinya ;) Postingan ini didedikasikan untuk Lomba Blog Jelajah Gizi 2 yang diselenggarakan oleh Nutrisi Untuk Bangsa Berminat untuk ikutan juga? :)