Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Planning Buat Malaikat Kecilku Kelak

Oleh Lihun Riady 12 Oct 2013

Planning Buat Malaikat Kecilku Kelak
Malaikat Kecil

Selamat malam Bunda-bunda semuanya yang ada di Nutrisiuntukbangsa.org, perkenalkan saya cuma seorang gadis yang kini mulai menatap dan mencoba menyusun masa depan khususnya buat matahari kecil saya kelak, dan seorang pahlawan kecil yang masih dalam bayangan saya. Sebelumnya mungkin buat yang ngebaca potingan ini pasti rada heran, nama blognya aja nama cowok terus kenapa ngakunya dalam potingan kok seorang gadis? (hihii..)

Ya sudah dari pada semuanya bingung, sebelum saya menguraikan isi postingan saya mengenai “Peranan Ibu Untuk Si Pemimpin Kecil” yang saya beri title Planning Buat Malaikat kecilku kelak, ada baiknya saya jelasin dulu atau saya jawab dulu pertanyaan tadi. 
Memang ini bukan blog saya, ini salah satu blog pacar saya yang lebih tepatnya kekasih, kami memang sudah punya komitmen untuk melanjutkan hungan kami ke jenjang yang lebih serius yang terikat dalam ikatan sakral dan membuat kesaksian kepada tuhan atau gampangnya kami merencanakan sebuah pernikahan beberapa bulan kedepan,
 
Hmm,, awalnya saya disuruh ngikutin kontes di web Nutrisiuntukbangsa dengan mengutarakan apa rencana saya jika kelak kami memiliki malaikat kecil, tanpa pikir panjang, ya sudah saya setujui maksud kekasih saya tersebut, lagian memang sudah sejak lama saya memiliki Planning atau rencana yang nantinya akan saya realisasikan untuk pahlawan kecil kami.
Kita tahu bahwa tumbuh kembang seorang anak sangat dipengaruhnya oleh peranan seorang ibu, dengan demikian, mau tidak mau, bisa tidak bisa, menjadi seorang ibu itu harus memiliki pengetahuan mengenai apa saja yang nantinya akan diterapkan kepada si buah hati, agar buah hati kita menjadi pahlawan yang mampu membuat kita tersenyum dan bangga. Tidak cukup hanya memberikan asupan nutrisi saja, mendidiknya serta membiarkan si kecil melakukan apa saja yang memang menjadi kegemarannya juga sangat diperlukan untuk tumbuh kembang si kecil, dengan catatan membiarkan si kecil melakukan hal-hal yang normal dan tetap dalam jangkauan pengawasan si ibu tentunya.
 
Ok, langsung saja, di sini sesuai dengan judul postingan, saya yang masih sema sekali belum mengetahui dan paham mengenai bagaimana mendidik dan merawat si buah hati (ya saya kan masih gadis,, hihii), tapi saya memiliki sebuah planning yang akan saya coba terapkan kepada malaikat kecil saya nantinya. Apa saja rencana saya itu? simak terus ya.
 
1. Asupan Nutrisi
 

Ya ini memang penting dan harus kita berikan kepada si kecil, asupan nutrisi yang nantinya akan saya berikan kepada pahlawan kecil saya, saya akan memberikan vitamin-vitamin baik untuk otaknya maupun untuk fisiknya, karena yang saya tahu dari hasil membaca dan kesaksian ibu-ibu yang sudah berpengalaman, katanya seorang anak itu harus tercukupi nutrisinya, karena itu membantu proses tumbuh kembang si anak tersebut. Selain vitamin, untuk tahap awal mungkin saya akan memberikannya ASI, lamanya saya memberikan si kecil ASI yaitu sesuai dengan ketentuan atau anjuran pakar kesehatan anak. Karena seorang bayi yang kekurangan asupan ASI dari ibunya, itu bisa berpengaruh terhadap daya pikir dan daya kembang otak si kecil.

 
 
 
2. Mendampingi ketika Masa Tumbuh Kembang
Menurut saya hal ini perlu kita lakukan sebagai ibu untuk seorang anak ketika dalam masa tumbuh kembang, seperti ketika si kecil mulai belajar merangkak, belajar duduk dan bahkan berdiri dan berjalan, maka seharusnya kita selalu mendampinginya. Dan saya akan mendampingi buah hati saya ketika dia sedang dalam masa tumbuh kembang seperti di atas, ini bertujuan ketika si kecil dalam proses belajar contohnya beridri, jika terjadi hal-hal yang membahayakan semisal si kecil terjatuh, dengan kita mendampinginya maka kita bisa meminimalkan resiko atau hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi pada buah hati kita.
 

3. Memberikan Kebebasan Beraktifitas

Sebelumnya hal ini sudah saya jelaskan sedikit di atas, bahwa memberikan kebebasan kepada si kecil untuk melakukan segala aktifitasnya itu sangat baik dan berguna untuk melatih daya kreatifitas si kecil. Contohnya saya akan membiarkan si kecil melakukan hal-hal yang dia suka, menggambar, bernyanyi, atau bermain dan lain sebagainya. Maskud saya membiarkannya namun tetap dalam pengawasan supanya si kecil saya bisa melatih kreatifitas pada dirinya dan kegemarannya dari sejak dini.

4. Selalu Mamberikan Dukungan / Support
Ketika si kecil melakukan hal-hal yang dia gemari ada baiknya kita selaku ibu selalu memberikannya dukungan, seperti ketika buah hati memperlihatkan contohnya, hasil yang dia gambar kepada kita, maka harusnya kita memberikannya dukungan dan memberikannya hadiah bisa berupa pelukan ciuman dan lain sebaginya. Dan hal ini akan saya lakukan kepada pemimpin kecil saya kelak, dimana saya akan selalu memberikan support, kasih sayang kepada mereka, seperti ketika si kecil dalam proses belajar berjalan contohnya, dan ketika itu saya akan memberikan dia semangat, berupa dukungan dan support. Karena dukungan dari sang ibu bisa menjadi hal yang paling membuat hati si kecl kita senang dan meningkatkan rasa percaya diri dalam dirinya, serta akan terus belajar dan melakukan hal-hal yang dia inginkan.

5. Memberikannya Pengetahuan Dasar

Untuk yang terakhir, yang menjadi planning saya untuk si buah hati kelak, saya akan memberikannya pengetahuan-pengetahuan mengani hal-hal yang baik dan yang tidak baik, serta mengajarkan apa-apa yang boleh dan apa-apa yang tidak bolah, contohnya memberikannya pengetahuan dalam cara tutur kata seperti memanggil orang lebih tua dan cara berbicara kepada orang lain. Sebenarnya hal ini akan mereka pelajari ketika mereka mualai mengenyam bangku pendidikan nantinya, tapi sebaiknya kita memberikan pengetahuan itu sejak dini juga lebih bagus.

Lima hal di atas yang merupakan planning buat malaikat kecil saya kelak, akan saya realisasikan kepada mereka, dengan tujuan agar anak-anak saya menjadi anak yang berguna dan menjadi pehlawan kecil yang membanggakan kedua orang tuanya. Secara garis besar mendidik anak memang bukan sepenuhnya tugas seorang ibu, ayah juga seharusnya ikut serta medidiknya. Namun dalam masa tumbuh kembang si kecil peranan ibu jauh lebih besar di banding ayah, karena ibu lebih sering menghabiskan waktu dengan si kecil. Maka pesan saya buat semuanya khususnya buat wanita yang juga memiliki rencana masa depan untuk buah hatinya nanti, sebaiknya mulailah memikirkan rencana apa yang nantinya akan kalian lakukan untuk pahlawan kecil kalian, karena kita yang nantinya akan menjadi ibu dan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap tumbuh kembang buah hati kita tersebut.

Demikian rencana kedepan yang akan saya lakukan untuk pahlawan kecil saya nanti, dan sebelum mengakhiri postingan ini saya meinta maaf buat bunda-bunda yang membaca ulasan ini jika merasa saya sok tahu atau belum layak ngomongin ini, tapi jujur ulasan ini adalah rencana saya untuk malaikat kecil saya kelak. Wassalam.

 
(Referensi Gambar : downloadkoleksigambargratis.com - nutrisiuntukbangsa.org/wp-content/uploads/2013/09/revisi-posterblog-writing-competition-1.5-04092013.resized.jpg - health.lintas.me - tumbuhkembang.net - tipskesehatan.web.id)