Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Posko Keliling NUB

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 11 Nov 2010

Puluhan ribu pengungsi masih menghuni berbagai pos pengungsian di Yogyakarta, Magelang dan sekitarnya sejak terjadi letusan gunung Merapi beberapa hari lalu. Hingga pekan kedua November ini, sebanyak 169 Pos Kesehatan telah bersiada melayani pengungsi Merapi di Provinsi DIY Jawa Tengah melayani 178.000 lebih pengungsi.

Nah, Nutrisi Untuk Bangsa pernah turut serta membuka posko yang memberikan bantuan nutrisi dan kesehatan bekerja sama dengan PKPU. Namun karena letusan kedua Merapi 5 November lalu, lokasi posko termasuk yang tidak aman. Kini Nutrisi Untuk Bangsa membuka posko dalam bentuk mobil keliling. Posko keliling ini memberikan bantuan makanan dan obat-obatan bagi pengungsi sesuai kebutuhan mereka.

Data di lapangan menunjukkan penyakit yang banyak diderita para korban adalah Infeksi Saluran pernapasan Akut (ISPA). Untuk mengatasinya, Kementerian Kesehatan telah mendirikan Pos Kesehatan di setiap lokasi pengungsian, memberikan pelayanan kesehatan di Pos Kesehatan melakukan pendataan anak usia 5 – 29 bulan untuk dilakukan imunisasi campak, dan melakukan upaya kesehatan reproduksi.