Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Posko Nutrisi Untuk Bangsa Bantu Pulihkan Kesehatan Masyarakat Mentawai dan Jogja

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 03 Nov 2010

Indonesia dilanda bencana beruntun baru-baru ini. Gempa bumi diikuti tsunami di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, disusul dengan letusan gunung Merapi di Jogjakarta. Rakyat pun tersentak. Puluhan ribu warga di lokasi segera dievakuasi dan bencana terpaksa tinggal di pengungsian dalam situasi serba darurat.

Tentu Nutrisi Untuk Bangsa tidak tinggal diam. Untuk mewujudkan kepedulian terhadap masyarakat yang menjadi korban musibah bencana alam PT Sari Husada bekerjasama dengan PKPU (Pos Kemanusiaan Peduli Ummat) mendirikan Posko Nutrisi untuk Bangsa di Mentawai dan Yogyakarta. Posko ini menyediakan tempat tinggal sementara bagi korban dan memberikan bantuan air bersih, makanan bergizi serta fasilitas kesehatan.

Posko Nutrisi untuk Bangsa di Jogja terletak di Dusun Karanggeneng RT 01 RW 15 Umbulharjo, Cangkringan, Sleman Yogyakarta sedangkan posko Mentawai berlokasi di Komplek Kodam blok J no.8 Siteba, Padang. Masing-masing posko tersebut sudah diaktifkan segera setelah bencana terjadi dan akan berada di lokasi selama bencana dan pasca bencana, sampai situasi telah dianggap aman dan kondusif. Selain itu, sejumlah sub posko turut didirikan sesuai dengan tingkat kedaruratan area yang terkena musibah.

Respon bantuan tahap I berupa bantuan logistik makanan siap saji, tenda dan bahan bakar telah dibawa oleh 12 relawan PKPU ke Kepulauan Mentawai pada tanggal 27 Oktober lalu melalui kapal perintis. Selain bantuan pertama yang berupa pemberian produk nutrisi ibu dan balita, di dalam posko Nutrisi untuk Bangsa terdapat berbagai bentuk aktifitas yang bersifat emergency response, antara lain pengobatan gratis, penyaluran bantuan, dapur umum dan konsultasi kesehatan serta nutrisi.

Khusus untuk posko yang didirikan di Yogyakarta, tersedia pula fasilitas mobil sehat keliling. Kedua posko ini langsung didukung sepenuhnya oleh para petugas ahli dari PKPU serta para karyawan Sari Husada di masing-masing daerah baik sebagai relawan maupun donatur.

Menurut informasi terakhir yang diterima tim posko per 1 November 2010, bentuk bantuan yang saat ini masih sangat dibutuhkan adalah bahan-bahan makanan pokok, makanan untuk anak, selimut, air bersih dan pakaian. Untuk informasi mengenai pemberian bantuan Gunung Merapi, masyarakat dapat menghubungi Posko Nutrisi Untuk Bangsa Jogja melalui Herwien (0812 2952 223) dan Muryatna (0878 382 83486) dari Sari Husada Yogyakarta atau Suripto (0813 2829 3026) dari PKPU Yogyakarta.

Sedangkan untuk Posko Nutrisi Untuk Bangsa Mentawai dapat menghubungi M. Syafri (0812 7480 119 dan 0878 9548 2204) dari Sari Husada Padang atau Farid (0812 678 7123 dan 0751-7054623) dari PKPU Padang. Bantuan untuk Padang juga dapat disalurkan melalui transfer ke rekening BCA no. 3120-367-578 atau Bank Syariah Mandiri no. 0270-009-009 a/n PKPU Sumatera Barat.