Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Quiz Berhadiah (28). Jawab Yuk?

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 03 Dec 2010

Sahabat peduli nutrisi, kali ini quiz kita terkait asupan nutrisi & kondisi ibu hamil dan menyusui yang menderita anemia.

Bahan makanan apa sajakah yang mengandung zat besi dan disarankan untuk dikonsumsi sebagai pencegahan terhadap anemia?

Langsung tuliskan jawabannya di kolom ‘komentar’ di bawah posting ini    ya! Kalau ada lebih dari satu jawaban yang benar, nanti akan diundi    pemenangnya untuk mendapatkan sebuahback packkeren.

Peserta yang nantinya kita umumkan sebagai pemenang quiz, mohon    kirimkan data diri (Nama, alamat lengkap dengan kode pos, nomor telefon,     dan tempat tanggal lahir) ke pengelola@nutrisiuntukbangsa.org   Selamat   menjawab!

11 Komentar

Nutrisi Untuk Bangsa

06 Dec 2010 04:48

Selamat untuk Ditya Anitya Iskaningtyas! Jawabanmu mendapatkan sebuah back pack keren dari kami. Mohon kirimkan data diri (Nama, alamat lengkap dengan kode pos, nomor telefon, dan tempat tanggal lahir) ke pengelola@nutrisiuntukbangsa.org untuk pengiriman hadiahnya.

Tuti Ernawati

05 Dec 2010 21:00

Salah satu unsur penting dalam proses pembentukan sel darah merah adalah zat besi.Zat besi sangat di butuhkan oleh tubuh terutama pada masa2 kehamilan gunanya untuk memproduksi hemoglobin yaitu protein di sel darah merah yg berperan membawa oksigen ke dlm jaringan tubuh. Secara alamiah zat besi diperoleh dari makanan. Kekurangan zat besi dalam menu makanan sehari-hari dapat menimbulkan penyakit anemia gizi atau yang dikenal masyarakat sebagai penyakit kurang darah.Anemia gizi besi dapat diatasi dengan meminum tablet besi atau Tablet Tambah Darah (TTD),sedangkan untuk makanan kandungan zat besi dapat diperoleh dari daging2 hewani seperti daging merah,daging ungas,ikan salmon,sayur mayur yg berwarna hijau serta buah-buahan yg berfungsi untuk menyerap zat besi.

puji triwijayanti

05 Dec 2010 20:01

terdapat dua jenis zat besi yaitu heme dan non heme, kedua jenis zat besi memiliki daya serap yang berbeda, heme iron memiliki daya serap yang lebih tinggi daripada non heme iron. Heme iron adalah zat besi yang terkandung di dalam pangan hewani seperti daging, ikan salmon, telur, dan hati sedangkan non heme iron terkandung dalam pangan nabati seperti sayuran hijau tua dan kacang-kacangan . Selain itu perlu konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jerukdan jambu biji untuk membantu penyerapan zat besi. Interaksi lain yang menghambat penyerapan zat besi adalah tanin yang banyak terkandung dalam teh.

Henry

04 Dec 2010 19:41

Makanan yang mengandung zat besi terutama adalah daging, hati, kerang, dsb. Selain itu, makan makanan yang berzat besi harus diiringi juga dengan yang mengandung vitamin C, karena Vitamin C berperan dalam membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Karena itu sayur-sayuran segar dan buah-buahan yang mengandung vitamin C baik dimakan untuk mencegah anemia. Yang penting bukan hanya makanan yang banyak mengandung zat besi saja, tetapi yang lebih penting adalah seberapa besar kemampuan penyerapan tubuh terhadap bahan makanan itu. Tanpa daya penyerapan yang baik, jumlah zat besi tinggi dalam suatu jenis makanan menjadi terbuang sia-sia

Tantri julianti

04 Dec 2010 13:39

untuk ibu hamil dan menyusui yang anemia sebaaiknya mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti telur, susu, hati, ikan, daging, kacang-kacangan (tempe, tahu, oncom, kedelai, kacang hijau), sayuran berwarna hijau tua (kangkung, bayam, daun katuk), dan buah-buahan (jeruk, jambu biji, pisang). Biasakan pula menambahkan substansi yang memudahkan penyerapan zat besi seperti vitamin C, dan air jeruk. Sebaliknya, substansi penghambat penyerapan zat besi seperti teh dan kopi patut dihindari. minum susu kacang kedelai juga baik bagi si ibu dan bayi

Festy Anggraeni

03 Dec 2010 21:57

Sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan asupan zat besi yang mencukupi. Memakan bahan makanan yang mengandung zat besi: - daging berwarna merah - daging unggas - padi-padian - kuning telur - susu - biji-bijian - kacang-kacangan -sayuran berdaun hijau tua - bit - dan buah-buahan, seperti jeruk dan tomat dapat membantu meningkatan penyerapan zat besi dalam tubuh Bila penyebabnya telah diobati, penyakit anemia akan sembuh dengan sendirinya. Selain zat besi, konsumsi makanan yang mengandung asam folat dan vitamin B-12. Perhatikan asupan kalsium, kopi dan teh yang berlebihan. Zat-zat ini menghalangi penyerapan zat besi.

Dita Anitya Iskaningtyas

03 Dec 2010 17:44

Sumber zat besi dapat berasal dari hewani maupun nabati. Sumber zat besi yang dari hewani yaitu: daging (daging putih dan merah),ikan sarden,ikan tuna, salmon, hati, tiram, kerang-kerangan,telur. Sumber zat besi dari nabati : bayam,brokoli,kacang-kacangan,berbagai sayuran hijau tua,tahu, sereal, kentang, labu-labuan, buah-buahan kering. Untuk pencegahan anemia sebaiknya diambil sumber Fe dari hewani karena memiliki bioavailability (daya cerna dan serap oleh tubuh) lebih tinggi dibandingkan yang dari nabati yaitu daya serap sebesar 1-2% untuk Fe dari nabati dan daya serap 10-20% untuk Fe dari hewani. Selain itu konsumsi Fe sebaiknya disertai dengan kehadiran protein hewani, vitamin C, vitamin A, zink (Zn),dan asam folatvyang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Perlu diperhatikan juga ketika mengkonsumsi zat besi tidak diiringi dengan minum teh, kopi, dan kalsium sebab teh,kopi,dan kalsium menghambat penyerapan Fe dalam tubuh. Jadi untuk mengkonsumsinya minimal 2jam setelah makan makanan sumber Fe. Jika anemia sudah terjadi selain mencukupi dengan konsumsi Fe yang ditingkatkan juga dapat diatasi dengan meminum TTD (tablet tambah darah).

inka alvira pradhita

03 Dec 2010 17:27

Sumber utama Fe adalah bahan pangan hewani (hati, daging) dan kacang-kacangan serta sayuran berwarna hijau tua. akan tetapi, sumber fe nabati agak sulit diserap tubuh dibandingkan sumber fe hewani, jadi untuk mencegah anemia, lebih disarankan mengonsumsi sumber fe dari hewani, terutama daging merah yang mengandung banyak fe dan mudah dicerna

muhammad dzikru ismail

03 Dec 2010 16:46

bahan makanan yang mengandung zat besi : * Daging sapi * Daging bebek * Hati dan organ tubuh lainnya(jangan terlalu sering) * Kerang oyster (dimasak,jangan dimakan mentah) * Ikan sarden * Dedaunan hijau(kangkung,bayam) lobak * Labu air * Labu kuning * Kentang bersama kulitnya * Bayam * Rumput laut * Legume misalnya kacang polong, kacang merah,kacang lima * Kacang kedelai damn produk-produk kedelai * Sirop gula/tetes * Buah-buahan kering

Fahmi

03 Dec 2010 08:55

bahan makanan mengandung zat besi : Daging merah Unggas Ikan tongkol Ikan salmon Telur Tahu Gandum Kacang kering dan kacang polong Buah kering lSayuran hijau Cereals