Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Quiz Berhadiah (3). Mari Jawab!

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 08 Oct 2010

Halo sahabat peduli nutrisi! Kali ini quiz sudah masuk edisi ke-3 dan masih seputar hal-hal yang mendasar soal malnutrisi. Pertanyaannya:

Apa sih penyebab umum malnutrisi?

Langsung tuliskan jawabannya di kolom ‘komentar’ di bawah posting ini   ya! Kalau ada lebih dari satu jawaban yang benar, nanti akan diundi   pemenangnya. Oya, hadiahnya sebuah back pack keren!

Peserta yang nantinya kita umumkan sebagai pemenang quiz, mohon kirimkan data diri (Nama, Alamat, No telefon, dan tempat tanggal lahir) ke pengelola@nutrisiuntukbangsa.org Selamat menjawab!

14 Komentar

Nutrisi Untuk Bangsa

08 Oct 2010 18:35

Wah, banyak jawaban yang menarik! Kali ini backpack keren dari Nutrisi Untuk Bangsa menjadi milik Fadhilah! Selamat ya.... Untuk yang lain jangan kecewa, silakan ikuti kuis-kuis berikutnya.

Soni Supriatna

08 Oct 2010 17:21

Malnutrisi merupakan suatu keadaan di mana tubuh mengalami gangguan dalam penggunaan zat gizi untuk pertumbuhan, perkembangan dan aktivitas beberapa penyebabnya diantaranya : 1. Kurangnya asupan gizi yang baik 2. lingkungan yang kotor 3. Jajanan yang tidak sehat.

Anjas Wahyu Nurhayanto

08 Oct 2010 16:06

Secara umum masalah malnutrisi disebabkan beberapa faktor. Yang paling dominan adalah tanggung jawab negara terhadap rakyatnya karena bagaimanapun MEP tidak akan terjadi bila kesejahteraan rakyat terpenuhi. Berikut beberapa faktor penyebabnya: * Faktor sosial; yang dimaksud di sini adalah rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan bergizi bagi pertumbuhan anak. Sehingga banyak balita yang diberi makan "sekadarnya" atau asal kenyang padahal miskin gizi. * Kemiskinan; sering dituding sebagai biang keladi munculnya penyakit ini di negara-negara berkembang. Rendahnya pendapatan masyarakat menyebabkan kebutuhan paling mendasar, yaitu pangan pun seringkali tak bisa terpenuhi. * Laju pertambahan penduduk yang tidak diimbangi dengan bertambahnya ketersediaan bahan pangan akan menyebabkan krisis pangan. Ini pun menjadi penyebab munculnya penyakit MEP. * Infeksi. Tak dapat dipungkiri memang ada hubungan erat antara infeksi dengan malnutrisi. Infeksi sekecil apa pun berpengaruh pada tubuh. Sedangkan kondisi malnutrisi akan semakin memperlemah daya tahan tubuh yang pada giliran berikutnya akan mempermudah masuknya beragam penyakit. Tindak pencegahan otomatis sudah dilakukan bila faktor-faktor penyebabnya dapat dihindari. Misalnya ketersediaan pangan yang tercukupi, daya beli masyarakat untuk dapat membeli bahan pangan, serta pentingnya sosialisasi makanan bergizi bagi balita.

fadhilah

08 Oct 2010 15:55

-kekurangan pangan -adanya penyakit/gangguan penyerapan makanan -pengetahuan tentang gizi kurang memadai

Monica

08 Oct 2010 15:51

penyebab umum malnutrisi adalah kurangnya asupan makanan dan adanya penyakit infeksi. Selain itu, ketahanan pangan keluarga, kualitas perawatan ibu dan anak, pelayanan kesehatan serta sanitasi lingkungan juga berperan dalam menyebabkan malnutrisi

dwilita aprilin

08 Oct 2010 15:43

karena pemberian atau cara makan yang tidak tepat atau tidak mencukupi. Seperti kekurangan energi dan protein.

Annisa Fabila

08 Oct 2010 15:39

malnutrisi merupakan keadaan tidak seimbangnya cakupan gizi yang dibutuhkan,dapat berupa keadaan gizi yang kurang (undernutrition) maupun gizi berlebih (overnutrition).Malnutrisi dapat disebabkan oleh kurangnya asupan makanan maupun adanya gangguan terhadap absorbsi, pencernaan dan penggunaan zat gizi dalam tubuh

christine natalia

08 Oct 2010 14:13

penyerapan gizi yang tidak maksimal, makanan yang kurang banyak (kadar gizinya), dan juga disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang kadar gizinya terlalu berlebihan

indriyan rino nugroho

08 Oct 2010 14:07

penyebab umum malnutrisi adalah suatu kondisi medis yang disebabkan oleh pemberian atau cara makan yang tidak tepat atau tidak mencukupi seringkali lebih dikaitkan dengan keadaan undernutrition (gizi kurang) dan keadaan overnutrition (gizi berlebih).

Faizin

08 Oct 2010 13:52

Kurangnya asupan makanan dan adanya penyakit merupakan penyebab langsung malnutrisi yang paling penting. Faizin,,,,yes!!!