Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Rangkuman Nutritwit #8 Diversifikasi Pangan dan Potensi Pangan Lokal

Oleh Nutrisi Bangsa 30 Oct 2012

Sahabat nutrisi,

Tema Nutritwit #8 ini terkait dengan kegiatan Jelajah Gizi yang mencoba mengangkat dan mempromisikan potensi pangan lokal.

Seperti kita ketahui, masyarakat Indonesia, termasuk pengonsumsi beras terbesar di dunia. Sedihnya, hingga kini Indonesia masih kesulitan untuk menjaga ketersediaan beras dan belum bisa swasembada beras, sehingga perlu impor dari negara tetangga.

Di sisi lain, Indonesia sebenarnya kaya dengan potensi pangan lokal yang bisa menjadi alternatif karbohidrat selain nasi.

Selain itu, local wisdom di beberapa daerah lain di Indonesia sebenarnya makanan pokok mereka bukan beras/nasi. Sayangnya local wisdom tersebut mulai banyak ditinggalkan.

Dengan mengangkat tema Diversifikasi Pangan dan Potensi Pangan Lokal, diharapkan banyak orang makin melek bahwa ada banyak potensi pangan yang belum tergali sekaligus dapat memenuhi kebutuhan nutrisi.

Berikut rangkumannya:

1. Pertanyaan dari @Aep_NS09:
Mana yang lebih bagus untuk anak, ikan tawar atau ikan laut?

Jawaban dari @klikgizi:
Ikan laut,seperti tuna dan salmon yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 (DHA) yang lebih tinggi dibanding ikan air tawar.

Zat gizi tersebut sangat baik untuk mendukung pertumbuhan otak si kecil. Ikan air tawar juga mngandung DHA, dengan kandungan lebih sedikit.

Ikan Laut maupun ikan tawar keduanya tetap baik untuk anak.

2. Pertanyaan dari @benitoramioN:
Bagaimana tips diet carbo yang sehat, enak, dan bergizi?

Jawaban dari @klikgizi:
Diet mengurangi berat badan (bb) sebaiknya 0.5-1 kg/minggu, dengan mengurangi kalori karbohidrat sebanyak 500 kal/hari.

3. Pertanyaan dari @benitoramioN:
Adakah teknik pengolahan khusus untuk memasak sumber pangan karbo supaya gizinya tetap terjaga?

Jawaban dari @klikgizi:
Tergantung proses dan jenis bahan makanannya seperti pencucian yang terlalu lama pada beras dapat mengurangi kadar serat. Pengolahan vitamin larut air, pengolahan buah menjadi sari buah juga dapat mengurangi kadar seratnya.

4. Pertanyaan dari @Ajenkidman:
 Anak saya menunya sayur dan daging diblender, disatukan bubur lalu dipanaskan ulang. Bagaimana nilai gizinya?

Jawaban dari @klikgizi:
Suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan bahan pangan tergantung jenisnya. Sebaiknya jangan melakukan pemanasan berulang. Misalnya protein dari daging bisa rusak karena pemanasan berulang juga pada vitamin C.

Jika proses blender kemudian dipanaskan jangan terlalu lama. Pemanasan microwave dalam waktu singkat dapat membantu mempertahankan nilai gizi walaupun tetap ada yang hilang.

5. Pertanyaan dari @Yu2nTea:
Bagaimana cara yang tepat memperkenalkan sagu, singkong, jagung, dan lain lain sebagai pengganti nasi?

Jawaban dari @klikgizi:
Ganti sumber karbo salah satu dari 3 waktu makan anda dengan non-nasi. Olah dengan cara yang kita suka. Lakukan 1-2 minggu. Frekuensi bisa ditambah jadi 1:2.

Untuk anak mulai 1 tahun kenalkan karbo non nasi. Masukan makanan non-nasi pada menu utama atau waktu snack.

100gr (1 potong sedang),singkong mengandung 1,2 gram protein, 100 gram nasi (1/2 piring) mengandung 4 gr protein. Bisa mencukupi jumlah protein dengan setengah butir telur,1 potong sedang tempe, 1/2 potong sedang tahu pada menu makan. 

6. Pertanyaan dari @hestiluviko:
Bagaimana nilai gizi makanan yang dihangatkan lagi keesokan harinya, misal rendang, gudeg, lodeh, brongkos?

Jawaban dari @klikgizi:
Suhu tinggi menyebabkan kerusakan bahan pangan tergantung jenisnya. Jangan melakukan pemanasan berulang.

6. Pertanyaan dari @mervintrih
Pajanan pasar dari tepung beras dan santan amankah diberi ke bayi? kue bahan dasar kacang tanah aman utk bayi 6 bln - 1 th?

Jawaban dari @klikgizi:
Umumnya anak usia di atas 1 tahun sudah bisa konsumsi makanan seperti jajanan pasar. Bila di keluarga tidak ada riwayat alergi maka kue berbahan kacang tanah dapat diberikan. Diawal berikan sedikit saja.

Nah, demikianlah rangkuman #nutritwit edisi kedelapan yang diadakan pada 23 Oktober 2012 lalu.

Oiya, jika sahabat nutrisi memiliki ide-ide untuk dibahas sebagai topik #nutritwit berikutnya, silakan mention @klikgizi dan @Nutrisi_Bangsa ya..

Biasanya dipilih salah satu pertanyaan untuk mendapatkan gimmick/souvenir dari Sari Husada. Ayo pantau terus nutritwit ya