Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Rangkuman Nutritwit #9 Kebutuhan Gizi Vegetarian

Oleh Nutrisi Bangsa 11 Nov 2012

Sahabat nutrisi,

Nutritwit #9 membahas tentang Kebutuhan Gizi Vegetarian. Bagaimana ibu hamil yang menganut pola makan vegetarian memenuhi kebutuhan nutrisinya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan janin.

Atau bagaimana jika seorang anak mengikuti pola makanan vegetarian, apakah pertumbuhannya akan tetap bisa optimal?

Ternyata, ada beberapa tipe vegetarian yaitu:

- Vegan, yang sama sekali tidak mengonsumsi semua bahan makanan yang berasal dari hewan, termasuk ikan, telur, susu dan keju

- Lacto-vegetarian, yang tidak mengonsumsi bahan makanan hewani, tetapi masih mengonsumsi susu

- Ovovegetarian, tidak mengonsumsi bahan makanan hewani, juga susu, tetapi mengonsumsi telur.

- Lacto-ovo-Vegetarian, tidak mengonsumsi bahan makanan hewani, tetapi masih mengonsumsi susu dan telur.

Nah, sekarang kita simak yuk, bagaimana pemenuhan Kebutuhan Gizi seorang Vegetarian

1. Pertanyaan dari @as3anisa:
Gizi apa yang ada pada daging yang tidak ada di sayur-sayuran dan alternatif apa yang bisa menggantikannya?

Jawaban dari @klikgizi:
Yang beda adalah profil asam aminonya.

Sumber protein hewani lebih lengkap susunan asam aminonya daripada protein nabati. Sedangkan zat gizi yang hanya ada di sumber hewani adalah Vit B12.

Kekurangan Vit B12 bisa menyebabkan anemia megaloblastik. Alternatifnya dengan mengonsumsi sereal yang difortifikasi dengan Vit B12 dan mengonsumsi minimal 5 jenis sayur dan lauk pauk nabati.


2. Pertanyaan dari @abrisam_belva:
Untuk balita vegetarian yang diet karena obesitas, asupan gizi yang baik seperti apa? perlu mengkonsumsi vitamin?

Jawaban dari @klikgizi:
Sebaiknya jadi vegetarian tidak dilakukan pada balita apalagi untuk menanggulangi obesitas.

Masa balita merupakan masa pertumbuhan pesat yang akan menjadi pondasi di kehidupannya kelak. Diet obesitas yang benar bertujuan untuk menurunkan BB namun tetap memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan.


3. Pertanyaan dari @9esi:
Bagaimana dengan susu, salah satu yang tidak dikonsumsi vegetarian? Bisa digantikan oleh apa?

Jawaban dari @klikgizi:
Bila anda adalah tipe vegetarian yang tidak konsumsi susu, maka susu yang merupakan sumber kalsium yang baik bisa diganti dengan pangan lain.

Sumber kalsium yang baik untuk vegetarian adalah brokoli, bayam, kacang-kacangan, atau susu kedelai yang diforsifikasi dengan kalsium


4. Pertanyaan dari @raniah01:
Bagaimana cara memenuhi kebutuhan zat besi bagi ibu hamil vegan? makanan apa yang kaya zat besi walaupun sedikit, mengingat ibu hamil susah makan

Jawaban dari @klikgizi:
Sayuran hijau juga sumber zat besi (fe) walaupun untuk penyerapannya memang lebih sulit dibandingkan sumber hewani.

Namun tidak perlu khawatir, konsumsilah beragam makanan minimal 5 jenis bahan makanan pada satu menu makanan utama. Suplementasi zat besi juga sangat dianjurkan untuk membantu ibu memenuhi kebutuhan zat besi.


5. Pertanyaan dari @mervintrih:
Apa saja sumber vit.B12, zat besi dan kolesterol jika kita diet vegetarian, agar tak defisiensi mikronutrien?

Jawaban dari @klikgizi:
Vit B12 dan kolestrol hanya ada di sumber pangan hewani. Namun untuk zat besi bisa diperoleh dari sayuran hijau. Kini banyak makanan yang difortifikasi dengan vit B12 seperti sereal untuk membantu kita memenuhi kebutuhan vit B12.

Kolestrol dapat dibuat oleh tubuh kita di dalam hati yang bahan bakunya berasal dari karbohidrat, protein atau lemak.


6. Pertanyaan dari @rianugros:
Apa ya yang bisa menggantikan daging-dagingan agar saat hamil kebutuhan lemak tetap tercukupi?

Jawaban dari @klikgizi:
Bunda, kebutuhan lemak bisa dibantu dengan asupan lemak nabati seperti minyak jagung, minyak kedelai, minyak kelapa.

Yang dikawatirkan pada ibu hamil vegan adalah kurangnya asam amino, zat besi dan vit B12 yang bisa mempengaruhi pertumbuhan janin. Makanlah bervariasi jenis makanan, konsumsi suplemen, tingkatkan asupan vit C untuk membantu penyerapan zat besi.


7. Pertanyaan dari @agnessiafery dan @nuryaman 89:
Seberapa pentingnya asupan Protein untuk tubuh? Bagaimana Pola Makan Vegetarian yang Sehat?

Jawaban dari @klikgizi:
Pastikan konsumsi beranekaragam jenis bahan makanan (min 5 jenis lauk dan sayuran pada 1 menu utama).

Pilih sumber protein dari kacang merah, kacang tanah, kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe, tauco.

Perbanyak konsumsi sumber vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Tingkatkan asupan vit B12: tempe, susu kedelai dan sereal yang difortifikasikan, serta konsumsi suplemen.


8. Pertanyaan dari @BIGPROF_number1:
Apakah benar diet vegetarian mengurangi resiko kanker? Bagaimana untuk dapat memulai diet vegetarian?

Jawaban dari @klikgizi:
Berdasarkan ADA (American Dietetic Association) vegetarian memang lebih rendah terhadap berkembangnya beberapa penyakit.

Penyakit yang bisa dikurangi karena pola makan vegetarian adalah penyakit jantung, kanker kolon, diabetes dan obesitas.

Namun hati-hati, vegetarian juga rentan terhadap anemia karena kekurangan vit B12, rendahnya asupan kalsium maupun zinc.


Beberapa tips dari @klikgizi bagi ibu hamil yang vegetarian:

  1. Perbanyak konsumsi variasi sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian untuk mengganti zat gizi dari pangan hewani
  2. Perbanyak konsumsi pangan yang mengandung zat besi sebagai pembentuk sel darah merah, misal bayam, brokoli, dan kacang kedelai.
  3. Karena zat besi di pangan nabati lebih sulit diserap tubuh daripada hewani, perbanyaklah konsumsi vit c untuk membantu penyerapan zat besi.
  4. Tingkatkan sumber vitamin B12 seperti tempe, susu kedelai, dan sereal yang telah difortifikasikan atau menambah dari suplemen.
  5. Untuk yang bisa konsumsi telur,  jangan konsumsi telur bagian kuningnya secara berlebihan karena kolestrolnya sangat tinggi
  6. Intinya ibu hamil vegetarian haruslah merencanakan betul dan mengatur pola makannya agar tubuh tidak kekurangan gizi.
  7. Meskipun menjadi vegan, pemenuhan asupan makanan selama kehamilan harus selalu dipehatikan ya Bunda

Nah, demikian rangkuman nutritwit #9 tentang Kebutuhan Gizi Vegetarian, yang berlangsung pada 6 November 2012.

Oiya, jika sahabat nutrisi memiliki ide-ide untuk dibahas sebagai topik #nutritwit berikutnya, silakan mention @klikgizi dan @Nutrisi_Bangsa ya..

Biasanya dipilih salah satu pertanyaan untuk mendapatkan gimmick/souvenir dari Sari Husada. Ayo pantau terus nutritwit ya