Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Darurat Ala Thomas

Oleh Thomas Sumadi 16 Nov 2010

Saya akan berbagi resep sehat ketika kita berada dalam kondisi darurat. Seperti kita ketahui, dapur umum di tempat darurat memiliki peralatan memasak yang selengkap di rumah. Oleh sebab itu, saya akan membuat resep sehat yang paktis dimana mudah untuk membuat/menyajikannya.

Agar tubuh tetap sehat dan kuat, pertama-tama kita harus makan makanan yang mengandung karbohidrat, dan makanan yang paling cocok pada saaat keadaan darurat adalah nasi (bisa nasi putih/nasi merah, tergantung ketersediaan beras yang dimiliki). Tubuh kita harus memiliki asupan gizi yang cukup, minimal 4 sehat (dari 5 sempurna).

Makanan-makanan yang cocok disaat kondisi darurat antara lain:

1. Tahu goreng. Tahu memiliki kandungan protein dan gizi yang tinggi sehingga sehat dan baik untuk dkonsumsi.

2. Tempe. Makanan dari bahan kedelai ini memiliki komposisi gizi berupa kadar protein, lemak, dan karbohidratnya tidak banyak berubah dibandingkan dengan kedelai.

3. Telur ayam (baik ceplok, dadar, ato rebus). Telur ayam memiliki kandungan protein hewani dan memiliki kadar gizi yang tinggi seperti: karbohidrat, lemat, vitamin A dan thiamin.

4. Ikan-ikanan. Makanan yang terkesan sederhana ini namun cukup penting bagi asupan gizi yang diperlukan oleh tubuh. KIta bisa memilih ikan asin yang sudah dikeringkan, misalnya ikan teri.

5. Sayur mayur. Dalam kondisi darurat, biasanya dapur umum memasak makanan dalam porsi yang banyak. selain murah, sayur mayur memiliki kandungan protein nabati. Sayur mayur yang bisa dikonsumsi pada saat kondisi darurat sperti: sayur kangkung, bayam, atau buncis.

6. Lalapan. Lalapan merupakan menu makanan yang tidak wajiab. Hal ini hanya sebagai penambah saja. Namun apabila ada lalapan, kita bisa menggunakan lalapan berupa mentimun, daun singkong, dan sebagainya.

7. Jangan lupa, sediakan minum air putih yang bersih untuk air minum anda karena air minum sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh sepanjang hari di saat kondisi darurat. Usaha agar kebutuhan minum anda tercukupi untuk menghindari dehidrasi.