Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

hidup sehat ala VE

Oleh ventura elisawati 26 Oct 2010

Hidup di ibukota seperti Jakarta memang kerapmembuat hidup jadi kurang sehat. Apalagi jika kita tinggal di luar Jakarta lalu beraktifitas di Jakarta, sehari-hari harus bersikutat dengan kemacetan, udara kotor, plus makanan yang kurang sehat.

Akibatnya, selain kecapekan, tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit, seperti flu dan lainnya. Lalu, sejak dua tahun lalu, saya mencoba menerapkan pola hidup sehat. Memang susah sih mempraktekkannya, tapi dengan memaksa diri sendiri, setidaknya ini bisa memperbaiki kualitas hidup. So, kuantitas kehadiran sakit seperti flu pun jauh berkurang.

Ini dia resepnya:

Pola makan: Bangun pagi minum air putih segelas. Sarapan pagi: segelas susu low fat + roti gandum dengan mentega low fat, plus 1 butir Fish Oil. Makan siang agak bebas: nasi beras merah + sayur + lauk+ buah. Sore : camilan sehat. Malam : buah, jika masih lapar plus susu segelas. Kalau akhir pekan saya kadang membebaskan diri dari menu diatas, dan makan apa saja.

Olah raga:berupaya 2 atau 3 kali ke gym dengan aktifitas: 20-30 menit treatmill atau rpm + latihan beban, atau sekedar ikut klas yoga (50 menit). Setiap Rabu atau Kamis sore gowes keliling Gelora Bung Karno (15 x putaran dengan kecepatan konstan tanpa istirahat), dan di akhir pekan gowes dengan jarak minimal 30 km.

Dan hasilnya, setidaknya sekarang merasa badan terasa lebih fresh, enak untuk beraktifitas. Saat lagi banyak kegiatan dan tubuh sangat lelah, tenyata fisik bisa recovery lebih cepat. Dan sesekali memang masih kena flu, terutama kalau habis kehujanan.Manusiawi kan? Mau coba?

4 Komentar

Adeline

27 Oct 2010 12:39

Kalo gowesnya diganti berenang bole kan mbak? :)

Luna Maria

27 Oct 2010 11:56

WOW! segelas susu low fat + roti gandum dengan mentega low fat, sehat banget!

Sabai

27 Oct 2010 10:02

eh, maksudnya avatarnya...

Sabai

27 Oct 2010 10:02

Mbak penulis, fotonya mana nih? :D