Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Ruang Sahabat Ibu & Anak Yogyakarta

Oleh Irmayani Kusumasari 11 Nov 2014

IMG-20141105-00815

Awalnya tidak sengaja tahu tentang Ruang Sahabat Ibu & Anak.

Waktu itu ikut suami menyetor dagangan ke Pasar Beringharjo, karena bertepatan dengan sholat Jumat maka suami langsung menuju Masjid Muttaqien yang letaknya di sebelah selatan Pasar Beringharjo. Saya dan Alif pun ikut ke masjid.

Saya pikir ketika suami melaksanakan shalat Jumat, saya dan Alif bisa santai di serambi masjid mengingat jarak perjalanan yang jauh dari rumah ke Pasar Beringharjo. Begitu sampai di masjid, saya disapa ramah oleh seorang mbak (yang kemudian saya tahu namanya adalah Mbak Dwi Cahyani, admin Ruang Sahabat Ibu & Anak) yang langsung mempersilahkan saya dan Alif untuk masuk ke sebuah ruangan yang ternyata didalamnya penuh dengan mainan.

IMG-20141105-00811

Saya baru tahu ternyata itu adalah Ruang Sahabat Ibu & Anak yang diprakarsai oleh Sarihusada. Ruangan yang nyaman, berAC dan juga ada kipas angin, dilengkapi baby bed untuk mengganti popok, freezer untuk menyimpan ASIP, wastafel untuk cuci tangan atau mencuci botol, dispenser, kursi sofa yang empuk dan tentu saja buku edukasi serta mainan untuk anak. Lengkap semua!

Saya pun betah berlama-lama di Ruang Sahabat Ibu & Anak. Begitu pula Alif, jika sudah berada di Ruang Sahabat Ibu & Anak rasanya susah untuk diajak pulang. Alif sangat senang bermain, entah sendirian atau bermain bersama dengan teman yang baru dikenalnya saat itu juga karena sama-sama berkunjung ke Ruang Sahabat Ibu & Anak.

Sekarang setiap saya ikut suami menyetor dagangan ke Beringharjo, saya pasti mampir ke Ruang Sahabat Ibu & Anak. Bagi saya, lebih baik Alif bermain di Ruang Sahabat Ibu & Anak, karena selain gratis, banyak mainan juga nyaman.

IMG-20140822-00700

Dari keterangan Mbak Dwi, Ruang Sahabat Ibu & Anak berdiri pada 14 Juli 2013. Buka dari jam 8 pagi dan tutup jam 4 sore. Buka setiap hari tapi khusus setiap hari Senin libur.

Setiap pengunjung yang datang diwajibkan mengisi buku tamu, yang berisi nama ibu, nama anak, usia anak, alamat dan kesan atau pesan terhadap keberadaan Ruang Sahabat Ibu & Anak.

Bagi saya, keberadaan Ruang Sahabat Ibu & Anak ini sangat berguna sekali. Mengutip quote dari Boris Bourdin, Presiden Direktur Sarihusada bahwa keberadaan “Ruang Sahabat Ibu dan Anak” merupakan cermin kepedulian kami (Sari Husada) agar ibu tetap bisa mendukung tumbuh kembang anak pada saat melakukan kegiatan diluar rumah. Salut untuk Sari Husada dan Nutrisi Untuk Bangsa! Two thumbs up buat Ruang Sahabat Ibu & Anak.

Semoga kedepannya semakin banyak Ruang Sahabat Ibu & Anak di area publik. Semoga!