Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Sakit gigi..oh..sakit gigi

Oleh Citra Prasetyo 11 Mar 2012

Mommies,

Mau sharing sedikit nih. Ada yang pernah ngerasain derita ibu ketika anak sakit gigi? Lagi nyari temen nih, soalnya lagi ngalamin. Di sepanjang umur 3 tahun ini, si kecil selalu sakit gigi. Hampir semua giginya gigis karena dari bayi selalu ngedot di waktu malam, ya mau tidur, ya tengah malam. Ditambah lagi jajanan manis2 yang diberikan sama nenek kakeknya (berhubung masih numpang orang tua). Oh iya, walaupun kata orang ga ada hubungannya, tapi varo juga punya turunan gigi rusak sih. Masa kecilku juga punya pengalaman ga enak karna sakit gigi -___-

Setelah banyak berkonsultasi dengan dokter2 gigi online, sms temen/sahabat yang punya profesi dokter gigi, akhirnya diputuskan juga untuk berkunjung ke dokter gigi offline alias dokter gigi di hidup nyata hehe. Pilih-pilih rumah sakit yang bagus dan sengaja langsung milih dokter gigi spesialis anak. Kebetulan ada dokter yang dapet profesor dr US mengenai gigi anak. Maksudnya pilih drg yang hebat gitu biar langsung beres. :D

Pertama kali masuk ke ruang dokter, ternyata di luar dugaan si varo mau duduk dan buka mulutnya. Si prof ini langsung nyaranin untuk foto panorama *bukan pemandangan ya hehe*. Foto panorama ini rontgen untuk melihat kondisi dalam mulut, Kontrol kedua ternyata si prof sudah punya solusi. Dan ternyata saran beliau adalah suruh bius total dan diangkat smua giginya. WHAT?!?! oh em ji. separah itu kah???

Setelah syok reda akibat saran si prof, langsung nanya2.. sekalian yang banyak supaya jelas. Ternyata proses menyembuhkan gigi si kecil ga susah kok, malahan terkesan gampang. Jadi untuk setiap gigi, dimatikan dulu syaraf di sekitarnya. 1-2 hari kemudian balik lagi untuk di bor, dibersihin. 1-2 hari lagi baru deh balik lagi trus di tambal. Intinya, 1 gigi butuh kurang lebih 5-6 hari untuk ditambal. Mungkin kalo orang dewasa ga akan timbul masalah. Cuma ini anak 3 tahun yang lagi berkembang. Jadi pasti susah banget untuk suruh diem dan membuka mulut, makanya saran si prof langsung aja bius total dan di angkat semua giginya.

Di rumah, aku mikir2 lagi. Trus kembali konsultasi dengan berbagai pihak, termasuk pergi ke drg spesialis anak lainnya. Akhirnya aku mengambil keputusan untuk tidak melakukannya dengan alasan : 1. bius total pada anak 3 thn. serem aja ngebayanginnya. 2. biaya untuk operasi nyampe 17jt. oh tidak banget kalo yang ini, 3. itu kan simple treatment, jadi nunggu dia umur 5tahun aja. biar sdh mengerti dulu

Nah, selama nunggu dia ke umur 5 thn, apakah ibunya akan membiarkannya kesakitan?? Ya jelas ga dong.. ada beberapa hal yang sudah mulai dilakukan :

1. menjaga kebersihan mulut dengan benar. sikat gigi setiap abis makan, dan sebelum tidur (jadi skrg sikat gigi dan odol adalah barang2 yang wajib dibawa)

2. melepas dot susu waktu malam. Seriusan deh, mommies yang masih melakukan ini untuk anaknya di atas 1 tahun, sebaiknya hentikan. ini yang bener2 ngerusak gigi. kasih air putih aja. kalo skrg si kecil minum susu pake gelas ma sedotan

3. pakein tooth mousse setiap abis sikat gigi di pagi dan malam hari. :)

4. Yang terakhir dan yang paling susah adalah memberi pengertian kepada orang tua bahwa anak ini tidak boleh makan yang manis-manis terlalu sering dan pantang makan coklat.

Alhamdulillah sekarang sudah berjalan 5 hari, sakitnya nih anak sudah mulai berkurang. doakan yah semuanya hehe :)