Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Sarapan Dengan Oatmeal, Yuk!

Oleh Nutrisi Bangsa 12 Nov 2014

oat

Sahabat nutrisi,

Kesehatan kita benar-benar dipengaruhi oleh pola makan sehari-hari. Dan sarapan merupakan hal yang sangat penting, karena akan memberikan nutrisi dan energi untuk melakukan aktivitas seharian.

Tentu saja kita harus memilih menu yang sehat untuk sarapan, tidak terlalu berat, namun cukup bergizi bagi tubuh. Salah satu menu yang dianjurkan saat sarapan adalah oatmeal.

Oatmeal yang terbuat dari gandum, merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Secangkir oatmeal mengandung 4 gram serat atau setara dengan sebuah apel.

Berikut beberapa manfaat oatmeal untuk sarapan:

  • Oatmeal membuat kenyang lebih lama dibanding menu lain, seperti roti atau sereal, karena kandungan seratnya yang tinggi
  • Kandungan seratnya yang tinggi membuat oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang mengakibatkan serangan jantung dan stroke.
  • Oatmeal, dengan kandungan seratnya yang tinggi mengurangi risiko kanker usus.
  • Kandungan lignan yang terdapat dalam oatmeal dapat melindungi seseorang dari penyakit kardiovaskular seperti jantung. Selain pada oatmeal, lignan dapat ditemui di brokoli, aprikot dan biji rami.
  • Oatmeal mudah diperoleh dan tidak mahal

Kita dapat berkreasi menambahkan berbagai bahan makanan lain pada oatmeal agar rasanya tidak hambar dan membosankan.

Oatmeal cocok dicampur dengan buah-buahan, seperti pisang, stroberi, kismis dan sebagainya, dapat pula dicampur dengan irisan daging dan telur, atau hanya dicampur dengan beberapa sendok madu agar terasa manis.

Selamat mencoba!