Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Segarnya dan Nikmatnya Rujak di Tengah Keindahan Pantai Sidem...

Oleh Rida Anita Yunikawati 22 May 2013

Foto

Makan rujak di pantai??kedengaraannya aneh tapi memang ada di Pantai Sidem. Pantai Sidem merupakan pantai yang terletak di selatan Tulungagung. Pantai Sidem ini sangat indah dan lokasinya mudah dijangkau. Deretan pohon kelapa akan menyapa anda ketika memasuki pantai ini.  Di Pantai Sidem ini kita bisa mendapati pemandangan dimana ada dua arus air bertemu, yaitu  arus antara air sungai dan air laut. Hamparan pasir yang luas dan batu karang yang  tersebar semakin menambah keindahan  dan membuat pantai ini  semakin menawan. Kita akan disuguhi oleh panorama laut dan gunung yang membentang sepanjang pantai ini. Dan  yang membuat  pantai ini berbeda yaitu adanya rujak campur.Makanan tersebut akan saya jelaskan di bawah ini :

  • Rujak Campur Tulungagung  

Rujak di Tulungagung ini beda dengan rujak buah yang biasa  kita makan, karena rujak ini bukan berisi buah tapi  berisi  lontong, potongan tahu goreng, ketimun, tauge,dan kangkung yang direbus kemudian diberi bumbu rujak di atasnya. Jadi, selain menyegarkan, rujak ini mengenyangkan, memberi  energi untuk berjalan menyusuri pantai dan  menyehatkan karena sayurannya direbus . Harga rujak  ini murah hanya sekitar Rp.3500-5000 saja. Untuk masalah gizi pasti tercukupi, karena di dalam rujak ini ada lontong ini terdapat mineral, protein 2.72 gram, Lemak 0.28 gram, Karbohidrat 31.56 gram. Sayuran dalam rujak  ini mengandung  serat dan vitamin A, B,C, D, E, dan K yang sudah pasti diperlukan tubuh. Manfaat ketimun banyak  sekali, selain  menyegarkan, timun juga menjaga tubuh dari dehidrasi, melawan kanker, mengontrol tekanan darah, bermanfaat untuk gigi dan gusi, meningkatkan kesehatan, meringankan sakit asam urat dan rematik, menyembuhkan diabetes, mengurangi kolesterol, merangsang pertumbuhan rambut, bertindak sebagai diuretik, dan membantu menurunkan berat badan. Tauge kacang kedelai yang digunakan utuk campuran rujak mengandung energi sebesar 67 kilokalori, protein 9 gram, karbohidrat 6,4 gram, lemak 2,6 gram, kalsium 50 miligram, fosfor 65 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Tauge Kacang Kedelai juga terkandung vitamin A sebanyak 110 IU, vitamin B1 0,23 miligram dan vitamin C 15 miligram. Sambal  rujak ini menggunakan  kacang tanah dan petis dimana kacang  kaya akan vitamin E, asam folat, berbagai mineral, lemak tak jenuh,asam lemak Omega-3,serat serta asam amino arginine. Selain itu, kacang juga mengandung sterol, yaitu senyawa  untuk mengurangi penyerapan kolesterol. Kacang bisa mengobati penyakit jantung, kolesterol, diabetes, kanker, menurunkan berat badan hingga mencegah pikun. Sedangkan dalam  100 gram petis udang mengandung protein 15 gram, karbohidrat 40 gram, lemak 0,1 gram, kalsium 37 miligram, fosfor 36 miligram, dan zat besi 3 miligram.  Selain itu di dalam Petis Udang juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Berikut ini resep  rujak campur yang bisa dibuat di rumah:

Bahan
lontong, potong
tahu goreng, potong, kecil
ketimun, potong kecil
tauge, rebus sebentar
kangkung, rebus

Bumbu
3 cabe rawit
2 sdm kacang goreng
1 sdm petis udang
1 sdm gula merah
air asam
garam
air

Pelengkap : kerupuk

Cara
* cabe rawit, kacang tanah dan garam di uleg sampai halus, lalu tambahkan petis dan gula merah aduk sampai rata, kemudian beri  air asam secukupnya,  ratakan,
* kemudian masukkan kangkung, tauge, tahu dan timun  aduk sampai rata.
* Sajikan dengan tambahan lontong dan kerupuk

Itu  tadi makanan khas Pantai Sidem dan cara pembuatannya yang  pas dimakan bersama minuman  es siwalan atau  es degan.