Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Sehat Di Hari Raya

Oleh Nutrisi Bangsa 07 Aug 2013


Sahabat nutrisi

Hari Raya Idul Fitri tak lama lagi tiba. Setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, tentulah Hari Raya disambut dengan sukacita.

Biasanya, aneka hidangan lezat akan turut terhidang di hari yang diwarnai dengan kegiatan saling berkunjung dan bermaaf-maafan ini.

Boleh saja kita menikmati makanan dan minuman khas lebaran sembari bercengkerama dengan sahabat dan keluarga. Akan tetapi jangan sampai lupa diri. Lebaran, hendaknya jangan dijadikan hari “balas dendam” setelah sebulan berpuasa, dan merusak pola makan yang telah diatur selama sebulan.

Umumnya, hidangan lezat khas hari raya banyak mengandung lemak dan kolesterol, yang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes dan jantung. Akan tetapi bukan berarti kita sama sekali tidak boleh menikmatinya. Yang kita butuhkan adalah menyiasati agar kita tetap dapat menikmati, sekaligus menjaga kesehatan.

Berikut beberapa tips lebaran sehat:

1. Jangan langsung menyantap hidangan berlemak dan bersantan usai shalat Ied, juga hindari minuman manis seperti sirup atau soft drink.

2. Lebih baik konsumsi buah-buahan segar terlebih dahulu agar perut terasa kenyang, sebelum kita mulai menyantap hidangan. Juga dapat mencegah sembelit, dan mengimbangi aneka hidangan berlemak.

3. Makanlah dengan piring kecil agar terhindar dari makan secara berlebihan.

4. Selalu utamakan memilih air putih

5. Nikmatilah aneka hidangan tersebut, bukan dengan memperbanyak jumlahnya, akan tetapi dengan memakannya secara perlahan.

6. Hindari duduk atau berdiri di dekat meja hidangan, dengan demikian kita terhindar dari kemungkinan terus mengambil hidangan yang ada.

7. Walaupun pada hari raya, olahraga tetap diperlukan untuk membakar kalori.


Apakah sahabat nutrisi ingin memulai kebiasaan sehat dalam menyambut hari raya, coba tips berikut:

1. Pilih beras merah untuk membuat ketupat, karena beras merah mengandung lebih banyak serat daripada beras putih

2. Pilih daging tanpa lemak untuk membuat rendang atau gulai

3. Buang kulit ayam ketika membuat opor

4. Siapkan hidangan lebaran hanya untuk satu hari saja

5. Selalu sediakan sayur dan buah segar

6. Sekali-sekali bisa juga membuat hidangan lebaran yang bebas santan dan lemak, lho.

Nah selamat berlebaran :)

Sumber foto: inmagine.com