Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Sehatkan Ibu untuk Dunia!

Oleh Nurdea Purnamasari 15 Feb 2012

Kesehatan itu adalah hal yang paling mahal yang pernah kita punya.  Karena dengan sehat jasmani dan rohani, kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan.  Dengan sehat, kita mampu menolong siapapun yang membutuhkan orang.  Salah sekali kalau ada orang yang menyepelekan tentang sehat.  Orang seperti ini baru bisa menghargai yang namanya kesehatan jika sudah merasakan sakit, baru akan menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Setiap hari penting bagi kita untuk menjaga kesehatan di setiap sentimeter tubuh kita.  Karena diri kita ini sangatlah berharga jadi wajib bagi kita menjaga kesehatan dari hal yang paling kecil.  Apalagi bagi para kaum Ibu yang semakin hari semakin banyak aktivitas dan umur semakin bertambah.  Para kaum Ibu pasti selalu sibuk setiap harinya, dari mulai mengurus suami, mengurus pekerjaan di rumah, sampai mengurus kebutuhan sang Anak.  Semua dilakukan oleh Ibu.  Apalagi Ibu Karier, pastinya selalu sibuk dengan urusannya diluar dan juga mengurus anak.

Para Ibu ini kadang suka lupa atau bahkan malas mengurusi urusan kesehatannya sendiri, yang terpenting bagi para Ibu adalah kesehatan anak menjadi yang pertama.  Mereka tidak peduli, dengan kesehatannya dan masih berpikir masih bisa sembuh dengan cepat asalkan anak sehat.

Tapi apakah benar pola berpikir seperti itu?  Memang baik selalu mengutamakan anak, anak jadi terurus dan selalu sehat.  Tapi tidak baik mengabaikan kesehatan diri sendiri.  Jika nanti Ibu mengalami sakit parah seperti kanker bagaimana?  Ibu pastinya tidak pernah memikirkan hal seperti itu bukan? Dan tidak ada yang tahu.  Yang akan mengalami kerugian bukan hanya Ibu seorang, tapi anak dan juga orang-orang di sekitar.

Penyakit paling rentan menyerang terhadap kaum wanita.  Apalagi para Ibu yang selain umur yang sudah semain tua juga banyak dibuat lelah akibat aktifitas yang padat dalam kehidupan sehari-hari.  Penyakit seperti kanker dan penyakit pada saluran pernapasan adalah yang paling mudah menyerang Ibu-Ibu.

Penyakit kanker disebabkan pola hidup yang tidak teratur dan tidak diperhatikan.  Padahal pola hidup yang teratur merupakan hal yang sangat mutlak diperlukan agar selalu menjalani hidup sehat.  Pola hidup teratur ini bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana, seperti berjalan-jalan di pagi hari menghirup udara segar selama 15 menit, istirahat yang cukup sehabis melakukan seluruh aktifitas seharian.  Istirahat ini perlu sekali untuk bisa menstabilkan otot-otot dan fungsi kerja jantung agar bisa istirahat dengan baik, lakukanlah istirahat walaupun sebentar saja.  Lalu perhatikan asupan makanan.  Tidak hanya, anak yang harus diperhatikan asupan makanannya.  Para Ibu yang sudah tidak muda lagi pun perlu memperhatikannya.  Walaupun tidak bisa makan banyak karena alasan sibuk dengan segala aktifitas yang segudang, tapi usahakanlah untuk makan!  Setiap hari harus makan walaupun hanya sedikit, karena makanan adalah hal terpenting untuk bisa mengisi tenaga sehari-hari.  Bayangkan jika Ibu tidak makan sehari saja, pasti akan lemas setengah mati bukan? Para dokter di rumah sakit pun selalu berpesan, perbanyaklah makanan bernutrisi agar selalu tetap optimal dan cepat pulih.

Menjaga kesehatan pun tidak hanya dilakukan oleh Ibu yang banyak aktifitasnya.  Tapi juga oleh para Ibu yang sedang hamil.  Kesehatan ekstra perhatian itu sangat penting.  Karena bukan hanya si Ibu yang harus dijaga kesehatannya tapi juga bayi dalam kandungan.  Ibu dan bayi dalam kandungan haruslah sama terpenuhi nutrisinya, agar bayi bisa lahir secara sempurna dan tanpa adanya kekurangan suatu apapun.  Karena banyak fakta yang mengungkapkan bahwa, bayi yang lahir tidak sempurna itu karena kurangnya asupan nutrisi yang cukup untuk Ibu dan juga untuk si bayi.  Akibat nutrisi yang tidak terpenuhi inilah, bayi mengalami kekurangan tertentu.  

Sebisa mungkin selama masa kehamilan, sang Ibu menjalani metode-metode khusus untuk pemeliharaan kandungan.  Dan juga menyiapkan makanan dan vitamin yang mencukupi agar bayi dan Ibu sama-sama sehat.  Karena generasi penerus bangsa yang baik adalah ditentukan semenjak bayi ada dalam kandungan Ibu.  Begitu besar peran Ibu dalam mengembangkan generasi-generasi penerus bangsa agar bisa mengharumkan nama bangsa dan juga pelindung dunia.  Selain Ibu, siapa lagi? Yang akan menciptakan profesor-profesor yang akan menemukan penemuan hebat suatu hari nanti.

Jadi buat para Ibu, jagalah kesehatan Ibu dan anak sebaik mungkin.  Agar selalu bisa menikmati betapa indahnya terlahir ke dunia ini.  Love you Mother! We always proud have you :D

http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/ Lomba Blog NuB