Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Selain Susu, Berikut Makanan Sumber Kalsium

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 13 Apr 2015

Sahabat nutrisi,

Kalsium merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan tubuh. Manfaat utamanya adalah untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta untuk mempertahankan kesehatan tulang, gigi, pembuluh darah dan hormon.

Biasanya kita mengaitkan kalsium dengan susu dan produk susu, karena susu memang dikenal sebagai sumber kalsium yang baik. Akan tetapi bagaimana dengan mereka yang tidak menyukai susu atau yang mengidap alergi laktosa sehingga tidak bisa mengonsumsi susu?

Berikut beberapa jenis bahan makanan yang merupakan sumber kalsium selain susu:

  • Sayuran berdaun hijau, terutama yang berdaun hijau gelap, banyak mengandung kalsium. Beberapa di antaranya adalah brokoli, bok choy, dan kale. Bayam dan rumput laut juga banyak mengandung kalsium tetapi sulit diserap tubuh.
  • Wijen, jenis biji-bijian ini selain mengandung banyak kalsium, juga membantu mengontrol tekanan darah, menurunkan peradangan, dan mencegah kanker. Wijen dapat ditambahkan dalam salad atau masakan apa saja.
  • Almond, selain mengandung kalsium, almond juga mengandung potasium dan zat besi.
  • Jeruk, tidak hanya banyak mengandung vitamin C, jeruk juga banyak mengandung kalsium.
  • Tahu, bahan makanan berbahan dasar kedelai ini kaya akan kalsium, cocok untuk kaum vegan untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya.
  • Beberapa jenisseafood, seperti kerang dan ikan, juga kaya mengandung kalsium